6 Tips Melindungi Tubuh dari Polusi Udara yang Kian Mengkhawatirkan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

23 Agustus 2023 13:00 23 Agt 2023 13:00

Thumbnail 6 Tips Melindungi Tubuh dari Polusi Udara yang Kian Mengkhawatirkan Watermark Ketik
Gunakan masker saat di luar ruangan.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat ini tengah marak pemberitaan mengenai tingkat polusi yang mengkhawatirkan di berbagai kota di Indonesia. Angka polusi udara yang tinggi menjadi perhatian karena akan berdampak buruk terhadap kesehatan warganya.

Polusi udara yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit saluran pernafasan, seperti sesak, batuk, bersin, peradangan, kanker paru dan masih banyak lagi.

Penyebab dari polusi udara sendiri terdiri dari berbagai macam faktor seperti, asap pembuangan kendaraan bermotor, asap dari industri, asap dari pembangkit listrik, atau pun zat berbahaya yang dapat dihasilkan oleh alam dapat menyebabkan udara semakin tercemar dan tidak layak untuk dihirup oleh manusia. 

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, beberapa jenis gas yang dapat mencemari udara yang paling sering ditemukan, yaitu Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NO2), Sulfur Oksida (SOx), Photochemical Oksida dan Partikel. 

Oleh sebab itu mempertimbangkan tingkat polusi yang makin mengkhawatirkan, berikut ini kami berikan tips gaya hidup untuk melindungi diri dari polusi udara yang berbahaya. Simak penjelasannya.

1. Memakai Masker

Saat pergi keluar rumah hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan masker. Hal ini sangat penting karena masker dapat menyaring udara yang masuk ke saluran pernafasan kita menjadi lebih bersih. Selain itu jangan lupa gunakan masker dengan benar selalu ganti masker setiap hari.

2. Menggunakan Air Purifier

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menggunakan air purifier dengan HEPA Filter untuk menjaga udara di dalam ruangan tetap bersih dan terbebas dari kotoran, debu, bakteri dan virus berbahaya. Selain itu jangan lupa untuk melengkapi rumah dengan ventilasi yang baik agar udara dapat bersirkulasi dengan baik.

3. Rutin Berolahraga 

Olahraha dapat meningkatkan kondisi fisik kita menjadi lebih kuat, fisik yang kuat tentunya membuat kita lebih tahan terhadap paparan polusi. Namun akan lebih baik jika sembari berolahraga kamu membatasi kegiatan di luar ruangan untuk meminimalisir tubuh dari paparan polusi. Banyak olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan seperti meditasi dan yoga.

4. Membersihkan Diri Usai Beraktivitas di Luar

Setelah melakukan rutinitas di luar ruangan, jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang akan menempel pada baju dan kulit. Jangan lupa untuk menggunakan sabun untuk membersihkan kuman dan virus lalu bilas dengan air mengalir. Usahakan langsung membersihkan setelah sampai di rumah dan jangan menyentuh barang apapun agar tidak terjadi perpindahan kuman.

5. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat melindungi tubuh dari dampak negatif polusi udara. Beberapa makanan bahkan dapat mencegah efek buruk dari polusi udara yang tinggi, seperti brokoli, bayam, flaxseed,  tomat, dan kunyit. Kelima bahan tersebut mengandung nutrisi yang dapat memberikan kekebalan tubuh untuk melawan zat dan racun berbahaya yang terdapat di dalam polutan. 

Selain itu jangan lupa mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan yang berguna melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat zat racun yang ada di udara.(*)

Tombol Google News

Tags:

Polusi Udara kesehatan Pernafasan masker Air Purifier tips