6 Rekomendasi Wisata Kuliner di Kota Madiun yang Wajib Dicoba

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: M. Rifat

6 Mei 2023 23:00 6 Mei 2023 23:00

Thumbnail 6 Rekomendasi Wisata Kuliner di Kota Madiun yang Wajib Dicoba Watermark Ketik
Ayam Panggang Banjarejo wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Madiun (Foto: Instagram @streetfoodmadiun)

KETIK, MADIUN – Inilah 6 rekomendasi wisata kuliner di kota Madiun yang wajib dicoba. Ada yang jadi kangganan artis hingga presiden.

Berkunjung ke Kota Madiun tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas kota Pendekar yang siap menggoyang lidah anda bersama keluarga.

Sebab, di Kota Madiun banyak menyimpan kuliner legendaris yang menawarkan cita rasa istimewa, selain pecel yang menjadi makanan khas kota dengan luas 3,3 kilo meter persegi ini.

Selain rasanya sejumlah lokasi kuliner di Kota Madiun ini menawarkan konsep berbeda hingga cocok dinikmati bareng keluarga besar.

Lalu apa saja kuliner khas kota Madiun yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Pendekar? Berikut 6 rekomendasinya:

1.Tahu Telur Bu Tri

Madiun tidak hanya terkenal dengan pecelnya saja, namun kuliner tahu telur juga wajib dicoba bagi traveller. Salah satu warung tahu telur rekomended yang dikenal luas adalah warung Tahu Telur Bu Tri di Jalan Bali  nomor 98, Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Tahu telur Bu Tri memiliki cita rasa yang khas lain dari tahu telur yang lainnya dengan porsinya yang jumbo. Meski lokasinya berada di pojokan jalan Bali sisi paling selatan, namun warung Bu Tri selalu ramai dikunjungi pelanggan setiap hari.

Tertarik menikmati Tahu Telur Bu Tri, dapat dipesan setiap hari melalui aplikasi ojek online atau datang langsung ke alamat tersebut diatas sebelum pukul 22.00.

2.Rujak Cingur Gaul Indragiri

Sesuai namanya rujak Cingur Gaul berlokasi di jalan Indragiri nomor 45, Kelurahan Pandean, Taman Kota Madiun. Rujak Cingur Gaul Indragiri memiiki cita rasa yang khas  hingga menjadi favorit warga Kota Madiun dan luar daerah yang telah menjadi pelanggan setianya.

Sebab rujak cingur Indragiri memiliki cita rasa yang khas. Khususnya campuran aneka buah segarmulai belimbing, mangga muda, nanas, timun hingga bengkoang yang berpadu dengan aneka sayuran matang dan kerupuk bawang sebagai pendampingnya dengan bumbu petis yang melimpah.

Untuk harga memang diatas harga kebanyakan rujak sejenisnya, namun hal itu sesuai degan kualitas rasa dan porsi yang disajikanny. Tertarik untuk mencobanya? Datang langsung ke Jalan Indragiri Nomor 45, buka setiap hari, dan tutup pada hari Senin.

3.Bebek Kasong Pak Har

Bebek Kasong Pak Har berlokasi di jalan Usada Sari, nomor 26 Kota Madiun. Mengusung konsep garden party. Sebab, Pak Har menjajakan dagangannya di halaman rumahnya yang luas. Pengunjung yang datang dapat makan di tempat yang disediakan dibawah rindannya pohon peneduh.

Bebek Kasong Pak Har memiliki cita rasa yang khas. Daging bebeknya empuk dan cruncy. Rasa sambalnya juga pas dan dapat pesan level pedasnya. Satu porsi bebek kasong dijual dengan harga Rp 17 ribu dan segelas es teh dan es jeruk masing masing seharga Rp 3 ribu.

Tertarik untuk menikmati Bebek Kasong Pak Har? Datang mulai pukul 11 siang dan tutup di hari Jumat.

4.Soto Ayam Kondang

Soto Ayam Kondang berlokasi di jantung kota Madiun, tepatnya jalan Cokroaminoto  depan Kelenteng Hwie In Kiong Kota Madiun.  Menu Soto Ayam Kondang merupakan kuliner yang wajib Anda coba saat bertandang ke Madiun.

Soto Ayam Kondang merupakan soto khas Madiun, bedanya soto ini memiliki kuah bening dan ada tambahan telur rebus. Selain Soto aneka lauk juga tersedia di lokasi ini.

5.Nasi Pecel 99

 Madiun  terkenal dengan kuliner Nasi Pecel. Namun yang spesial adalah Depot Nasi Pecel 99 milik Karyono di Jalan Cokroaminoto No 99, Kota Madiun. Keistimewaan nasi pecel 99 terletak pada bumbu kacangnya yang khas. Bahkan Karyono yang meracik sendiri bumbu pecel andalannya itu. Hingga tak seorangpun pegawainya mengetahui formula dalam racikan sambal pecel ini.

Soal rasa dan selera dijamin tak akan mengecewakan. Sebab, sejumlah pejabat dan artis ibu kota banyak yang berlangganan mencicipi kuliner khas ini. Salah satunya mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).  SBY tak hanya datang seorang diri, dia mengajak serta keluarga dan sejumlah menteri untuk mencicipinya.

Tak hanya presiden, artis Ibu Kota seperti Coki Sitohang dan artis lainnya juga tertarik untuk menikmatinya lezatnya pecel khas Madiun ini.

6.Ayam Panggang Banjarejo

Ayam Panggang Banjarejo cocok menjadi tujuan kuliner bersama keluarga besar. Sebab, kuliner yang berlokasi di Jalan Koperasi Gang II No.60, Banjarejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur ini menawarkan suasana santai dan asri ala pedesaan, dengan sajian menu yang lezat dan menggugah selera.

Pengunjung dapat menikmati beragam menu berbahan ayam yang menjadi rekomendasi di lokasi ini, mulai Paket Ayam Panggang Madu, Ayam Panggang Bumbu Bawang, Satu Tempat Di Area Ayam Panggang, Cah Kangkung, Urap-urap, Ayam Panggang Bumbu Rujak.

Untuk menikmatinya pengunjung juga dapat memilih paket nasi merah maupun nasi putih. Pengunjung juga dapat memilih opsi lesehatan atau menggunakan meja dan kursi untuk menikmatinya.

Itulah rekomendasi kuliner khas kota Madiun yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Madiun.  Selamat mencoba.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner Khas Madiun Ayam Panggang Banjarejo Bebek Kasong Madiun Tahu Telur Jalan Bali Rujak Cingur Indragiri Pecel 99 Madiun Madiun Kota Pendekar soto ayam kondang