5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Depresi hingga Alzheimer

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

17 Juli 2023 19:10 17 Jul 2023 19:10

Thumbnail 5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Depresi hingga Alzheimer Watermark Ketik
Ilustrasi minum kopi (Foto: Alodokter)

KETIK, JAKARTA – Minum kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Budaya ngopi digandrungi berbagai kalangan, termasuk generasi millenial yang belakangan sering meramaikan kafe atau coffee shop.

Kopi dengan berbagai bentuk olahannya cukup digandrungi karena khasiatnya dalam melawan kantuk. Namun, belakangan diketahui bahwa kopi cukup bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat kopi seperti dilansir healthline.com.

Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Secangkir kopi bisa menurunkan risiko diabetes hingga 6 persen.

Kopi dinilai mampu menjaga fungsi sel beta di dalam pankreas dalam memproduksi insulin dan mengatur kadar gula. Kopi juga kaya akan antioksidan yang bisa melawan pemicu berkembangnya diabetes tipe 2.

Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi kafeina bisa menjaga kesehatan otak. Kopi bisa melindungi dari penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Kopi juga mampu memperlambat perkembangan Parkinson. Kandungan kafeina dalam kopi juga mengurangi risiko demensia hingga penurunan kognitif.

Mencegah Depresi

Penelitian juga menyebutkan bahwa minum kopi bisa mencegah depresi. Bahkan, setiap secangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan risiko depresi hingga 18 persen.

Manfaat lebih besar didapatkan ketika mengonsumsi 4 gelas kopi setiap hari. Penelitian terhadap 20.000 orang juga menyebutkan bahwa kopi mampu menurunkan risiko bunuh diri.

Melindungi dari Penyakit Hati

Mengonsumsi kopi juga mampu menjaga kesehatan hati agar terlindung dari penyakit. Bahkan, meminum lebih dari 2 cangkir setiap hari bisa menurunkan risiko kanker hati.

Kopi juga mampu menurunkan kekakuan hati. Kondisi itu mampu mengurangi pembentukan parut di hati yang dikenal dengan fibrosis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kopi mampu menjaga kesehatan jantung. Risiko penyakit jantung turun hingga 15 persen dengan mengonsumsi 3 sampai 5 cangkir setiap hari.

Minum kopi juga bisa menurunkan risiko penyakit stroke. Namun, bagi penderita hipertensi harus dibatasi karena kafeina dapat memengaruhi tekanan darah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Minum kopi Kafein manfaat kopi kafeina Kopi