5 Destinasi Kuliner Yang Wajib Dikunjungi di Kota Medan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

8 Januari 2024 11:00 8 Jan 2024 11:00

Thumbnail 5 Destinasi Kuliner Yang Wajib Dikunjungi di Kota Medan Watermark Ketik
Salah satu sudut Kota Medan. (Foto: Pexels)

KETIK, MEDAN – Medan selain merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Utara, juga merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera. Selain sebagai salah satu tujuan destinasi wisata, Kota Medan juga terkenal akan kulinernya yang menarik untuk dicoba.

Kuliner merupakan bagian yang tak terlepaskan dari sektor pariwisata. Saat kita mengunjungi suatu tempat wisata, kita pasti juga ingin mencicipi makanan khas dari wilayah tersebut yang tidak ada di tempat lain. 

Berangkat dari hal tersebut kehadiran kuliner yang unik dan khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Wisata kuliner sangat berbeda dengan wisata umumnya, karena wisata ini lebih mengunggulkan makanan, kepuasan rasa dan kekhasan suatu makanan atau sajian.

Sejak dahulu Indonesia dikenal memiliki beragam tradisi dan kuliner yang memiliki cita rasa yang unik dan otentik. Berikut ini adalah beberapa kuliner yang wajib anda coba saat berkunjung di Kota Medan.

Foto Ucok Durian. (Foto: dok USU)Ucok Durian. (Foto: dok USU)

1. Ucok Durian

Bagi anda pecinta buah durian, sudah pasti tempat yang satu ini harus anda kunjungi saat berada di Kota Medan. Ucok Durian didirikan oleh Zainal Abidin Chaniago (70), pria kelahiran Tapanuli Selatan. 

Sesuai dengan namanya Ucok Durian menyediakan beragam jenis durian dari berbagai wilayah seperti Sumatera Barat dan Riau. Harganya pun tergolong ramah di kantong berkisar antara Rp100 ribu untuk tiga buah (Rp33 ribu per buah) hingga yang paling mahal Rp200 ribu per buah.

2. Mie Aceh Titi Bobrok

Sesuai dengan namanya Mie Aceh merupakan makanan khan Provinsi Aceh. Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara, di Medan banyak bertebaran penjual Mie Aceh.

Salah satunya yang paling terkenal adalah Mie Aceh Titi Bobrok yang berlokasi di Jalan Setia Budi, Sei Sikambing, Medan Sungal, Kota Medan. kedai mie satu ini memiliki banyak pelanggan karena rasanya yang enak.

3. Sate Memeng

Sate memeng adalah salah satu kuliner legendaris yang ada di Kota Medan. Kuliner ini terbuat dari daging sapi, ayam, hati, usus. Sate ini memiliki potongan yang cukup besar dan bumbu yang khas, yang membuatnya cukup berbeda dari sate pada umumnya.

Foto Menu andalan dari RM Soto Sinar Pagi yakni Soto Medan dengan kuah kental. (Foto: Indonesia @sotosinarpagiofficial)Menu andalan dari RM Soto Sinar Pagi yakni Soto Medan dengan kuah kental. (Foto: Indonesia @sotosinarpagiofficial)

4. Bakso Amat

Memasuki musim hujan saat ini menikmati semangkuk bakso hangat yang nikmat sembari melihat guyuran air hujan merupakan momen yang menyenangkan. Apalagi jika bakso yang disajikan adalah bakso amat. Aroma bumbu yang kuat dengan kuah gurih dan nikmatnya yang membuat siapapun pasti bakal nambah. Apalagi kalau disajikan dalam kondisi pedas dan hangat.

5. RM Soto Sinar Pagi

Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1962. Dan merupakan salah satu tujuan kuliner terbaik di Kota Medan. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyajikan soto medan yang khas dengan kuah kentalnya. Tempat ini sering kali menjadi tujuan wisata kuliner, tidak hanya bagi warga medan tetapi juga warga dari daerah lain.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner Wisata kota medan hiburan soto medan ucok durian bakso amat