4 Wisata Ngabuburit di Kabupaten Malang, Cocok Buat Tunggu Waktu Berbuka

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

16 Maret 2024 03:15 16 Mar 2024 03:15

Thumbnail 4 Wisata Ngabuburit di Kabupaten Malang, Cocok Buat Tunggu Waktu Berbuka Watermark Ketik
Suasana Masjid Tiban di Turen Kabupaten Malang. (Foto : dok Maulana Mj)

KETIK, MALANG – Ngabuburit menjadi aktivitas sore hari yang digemari selama puasa pada bulan Ramadan. Jelang waktu berbuka puasa, masyakarat di berbagai daerah termasuk Kabupaten Malang memanfaatkan waktu sore untuk Ngabuburit.

Tidak hanya berburu kuliner di bazar Ramadan, sebagian masyarakat lainnya juga memanfaatkan momen menunggu buka puasa dengan berwisata. Terlebih sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Malang juga menyediakan paket atau promo wisata Ramadan jelang buka puasa.

Berikut 4 Destinasi wisata Ngabuburit di Kabupaten Malang yang jadi pilihan untuk menunggu waktu berbuka puasa :

1. Malang Skyland.
Destinasi wisata yang terletak di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang ini mengusung tema wisata modern. Pada momen Ramadan kali ini, Malang Skyland juga menawarkan program wisata menarik.

Selain view 360° yang menjadi andalan tempat itu, terdapat beberapa wahana menarik lainnya yang disediakan oleh pengelola wisata. Diantaranya, bioskop VR, jembatan kaca, Sky Music dan aneka wahana menarik lainnya.

Disamping itu juga ada paket iftar atau buka puasa yang dapat dinikmati di tempat tersebut. Harga paket iftar atau buka puasa mulai dari Rp 90 Ribu per pax hingga Rp 150 Ribu per pax.

Pemesanan iftar atau buka puasa minimal 20 pax. Sembari menunggu buka puasa, pengunjung dapat menikmati spot foto menarik dan menawarkan keindahan alam termasuk matahari terbenam atau sunset.

2. Malang Dreamland.
Destinasi wisata yang pas untuk Ngabuburit selanjutnya adalah Malang Dreamland. Lokasinya berada di Desa Ngadireso, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Di tempat ini biasanya diserbu oleh masyarakat pada sore Hari untuk menunggu waktu berbuka puasa. Tempat wisata ini juga tergolong murah meriah dan dapat dijangkau semua kalangan. 

Wahana Rainbow Slide di Malang Dream Land (Foto: IG Malang Dream Land)

Karena tiket yang dijual sangat murah. Yakni HTM sebesar Rp 5 ribu per orang saat weekday dan Rp 10 ribu per orang saat weekend. Yang menjadi andalan di tempat itu adalah wahana Rainbow Slide atau seluncuran warna-warni.

Disamping itu juga terdapat Glamping yang bisa dibooking oleh pengunjung. Tidak hanya itu, pengunjung bisa menikmati wahana ATV. Juga bisa membeli aneka makanan di tempat itu.

Aneka spot foto menarik di Malang Skyland yang dapat diabadikan maupun diunggah melalui media sosial. Diantaranya platform Facebook, Instagram dan X.

3. Lembah Indah Malang.
Destinasi wisata Lembah Indah Malang memang menjadi jujugan wisatawan untuk Ngabuburit. Berada di kaki Gunung Kawi, Destinasi Wisata ini menawarkan keindahan alamnya.

Tiket masuk juga sangat terjangkau yakni Rp 20 Ribu per orang. Di tempat ini juga terdapat Playground berukuran luas dan besar yang dapat digunakan bermain oleh anak-anak.

Glamping di Lembah indah. (Foto: IG Lembah Indah Malang).

Pada momen Ramadan kali ini, pengelola Destinasi terletak di Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang ini memberikan gratis takjil so setiap pembelian tiket masuk.

Gratis takjil selama bulan Ramadan tersebut dengan cara menukarkan tiket masuk di Resto Bambu yang ada di tempat tersebut.

4. Masjid Tiban.
Masjid Tiban selama ini menjadi destinasi wisata Religi bagi umat Islam. Destinasi yang berada di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang ini bentuknya memang menyerupai masjid.

Faktanya, tempat tersebut merupakan Ponpes Biharu Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Dari segi desain, Masjid Tiban tersebut memang unik. Sehingga, banyak umat Islam mengunjungi tempat itu karena keunikannya.

Dari segi arsitekturnya, sekilas Masjid Tiban tampak seperti bangunan dengan gaya Timur Tengah campuran Turki, India, dan Mesir. Alhasil, kesan mewahnya tak diragukan lagi.

Dengan dominasi aksen warna biru muda dan putih yang membuat bangunan ini tampak mencolok dari bangunan disekitarnya.

Masjid ini berukuran cukup besar dari ukuran masjid pada umumnya, bangunannya berada di atas tanah seluas 8 hektare. Dengan bangunan utama masjid sekitar 1,5 hektare.

Tak hanya berdiri di atas tanah luas, masjid ini juga memiliki 10 lantai, yang mana di setiap lantainya memiliki fungsinya masing-masing. Di lantai satu, menjadi tempat untuk istirahat dan musala. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ngabuburit Kabupaten Malang Ramadan Wisata