4 Tips Mencegah Penyakit Diabetes

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

5 September 2023 23:01 5 Sep 2023 23:01

Thumbnail 4 Tips Mencegah Penyakit Diabetes Watermark Ketik
Pengecekan gula darah (Foto: Liu)

KETIK, JAKARTA – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang layak untuk diwaspadai karena tergolong penyakit kronis. Diabetes bisa menyebabkan kerusakan organ dan jaringan tubuh.

Namun, penyakit ini bisa dicegah dan dihindari dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Mulai dari menjaga pola makan hingga berolahraga secara teratur.

Berikut tips untuk mencegah penyakit diabetes:

Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menurunkan berat badan dapat mengurangi risiko diabetes. Bahkan, penderita pra diabetes disarankan untuk mengurangi berat badannya sebesar 7 sampai 10 persen untuk mencegah perkembangan penyakit.

Memperbanyak Aktivitas Fisik

Berolahraga secara teratur juga bisa mengurangi risiko diabetes sehingga disarankan untuk melakukan latihan fisik seperti latihan aerobik, latihan ketahanan. Olahraga bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat memiliki segudang manfaat, terutama bagi penderita diabetes karena memperlambat penyerapan gula dan menurunkan kadar gula darah. Makanan nabati kaya serat sangat disarankan untuk mencegah diabetes.

Mengonsumsi Lemak Sehat

Lemak tak jenuh atau lemak sehat bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik yang berdampak positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kacang-kacangan, biji-bijian merupakan jenis makanan yang mengandung lemak sehat.(*)

Tombol Google News

Tags:

diabetes Gula darah Mencegah