4 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan Agar Badan Tetap Sehat

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

31 Oktober 2023 23:00 31 Okt 2023 23:00

Thumbnail 4 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan Agar Badan Tetap Sehat Watermark Ketik
Ilustrasi musim hujan. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Setelah mengalami kemarau panjang, kini tiba saatnya memasuki musim penghujan. Kini hujan telah melanda beberapa daerah di Indonesia. Perubahan cuaca dari kemarau ke musim penghujan tentu akan memberikan dampak terhadap kesehatan tubuh.

Untuk itu penting mengetahui cara menjaga tubuh agar tetap fit selama musim hujan. Berbagai antisipasi harus dilakukan. Berikut beberapa tips penting yang perlu diikuti agar tidak sakit akibat musim hujan.

 

1. Perbanyak Konsumsi Vitamin

Salah satu kunci menjaga daya tahan tubuh ialah dengan mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Konsumsilah vitamin C yang membatu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kalian dapat memanfaatkan buah-buahan yang kaya akan vitamin seperti jeruk, stroberi, kiwi, maupun suplemen vitamin tambahan. Suplemen vitamin tambahan bisa didapatkan di apotik dan toko obat.

 

2. Istirahat yang Cukup

Imbangi kegiatan kalian dengan tetap menjaga pola istirahat. Berikan waktu yang cukup bagi tubuh kalian untuk beristirahat. Cobalah tidur setidaknya 7-8 jam setiap hari. Kurang tidur hanya akan membuat sisitem kekebalan tubuh kalian melemah. 

 

3. Waspada Munculnya Nyamuk

Perhatikan genangan air yang ada di lingkungan sekitar kalian. Genangan tersebut dapat memicu peningkatan populasi nyamuk. Pastikan kalian terhindar dari sisitan nyamuk yang dapat menimbulkan gejala demam berdarah.

Gunakanlah lotion maupun obat nyamuk untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Selain itu, jaga kebersihan lingkungan saat musim hujan dengan membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk.

 

4. Jaga Kebersihan Tubuh

Selain menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan tubuh juga penting dilakukan. Basuh tangan secara teratur dengan air sabun maupun hand sanitizer. Dengan demikian kalian dapat terhindar dari paparan bakteri maupun virus yang menempel di tangan. 

Tombol Google News

Tags:

Musim Hujan menjaga kesehatan tips menjaga kesehatan tubuh Hujan