4 Purna IPDN Angkatan XIII Jadi Pj Bupati/Wali Kota di Indonesia, Ini Nama-Namanya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

12 Agustus 2024 09:16 12 Agt 2024 09:16

Thumbnail 4 Purna IPDN Angkatan XIII Jadi Pj Bupati/Wali Kota di Indonesia, Ini Nama-Namanya Watermark Ketik
Potret 4 Purna IPDN Angkatan XIII sebagai Pj Bupati Wali Kota. (Foto: Instagram @13ravonusantara_official)

KETIK, JAKARTA – Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) memiliki alumni-alumni yang cemerlang di bidang pemerintahan. Beberapa sosok dari para alumni IPDN menduduki jabatan pemerintahan yang tersebar di Indonesia.

Bahkan, banyak alumni IPDN yang mendapat kepercayaan untuk menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bupati/Wali Kota di berbagai daerah di Indonesia.

Berikut nama-nama dari alumni Institut yang berlokasi di Jatinangor, Bandung, Jawa Barat tersebut yang kini dipercaya jadi Pj Bupati/Wali Kota:

1. Pj Bupati Bone Andi Winarno Eka Putra

Kepala Dinas Komunikasi Informasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Sulawesi Selatan Andi Winarno Eka Putra menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bone menggantikan Andi Islamuddin. Andi Winarno merupakan lulusan dari IPDN Angkatan XIII.

Jabatan lain yang pernah dipegang Andi Winarno adalah Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel. Hampir tiga tahun dirinya menjadi sekretaris Bapenda Sulsel yang dilantik pada 19 April 2019.

Andi Winarno sebelumnya adalah Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Pemprov Sulsel. Ia menjabat sebagai Kabiro Adpim selama setahun lebih. Ia dilantik pada 16 Maret 2022 setelah lolos lelang terbuka Jabatan Tinggi Pratama.

2. Pj Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan

Fauzan Hasan adalah Asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Fauzan Hasan adalah lulusan IPDN Angkatan XIII, Fauzan sendiri juga Sekda Kabupaten Sijunjung telah 7 bulan mengemban tugas sebagai Pj Wali Kota Sawahlunto.

Fauzan Hasan dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Sawahlunto berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-968 Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Wali Kota Sawahlunto Provinsi Sumatra Barat.

3. Pj Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Patuan Rahmat Syukur

Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan adalah Pj Bupati Paluta sejak 27 November 2023. Rahmat merupakan lulusan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XIII.

Patuan lahir pada 27 April 1983, pengesahan menjadi Pj Bupati Paluta sesuai dengan surat keputusan Bupati Paluta nomor 821.2/176/K/2022 tentang pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta.

4. Pj Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama

Budi Utama S.STP., M.Si. Penjabat Wali Kota Pangkalpinang mulai Agustus 2024, Budi adalah lulusan IPDN Angkatan XIII.

Sebelum menjadi Pj Wali Kota, Ia menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (2021).

Tak hanya itu, ia adalah Dosen Poltekkes sejak 2010 hingga sekarang. Selain itu Budi merupakan Lurah Bukit Intan (2010).

Kepastian akan dilantiknya Budi Utama sebagai Pj Wali Kota Pangkalpinang, dikuatkan dengan beredarnya Surat Undangan Pelantikan Pj Wali Kota Pangkalpinang yang ditandatangani oleh Pj Gubernur Safrizal.

Surat bernomor 005 0299 I tertanggal 31 Juli 2024 ini menyebutkan jika agenda dalam pokok surat tersebut merupakan agenda tunggal Pelantikan Pj Wali Kota Pangkalpinang dari Lusje Anneke Tabalujan kepada Budi Utama.  (*)

Tombol Google News

Tags:

alumni ipdn Ipdn Institut Pemerintah Dalam Negeri Pj Bupati pj wali kota Pj Bupati Bone Pj Wali Kota Sawahlunto Pj Bupati Padang Lawas Utara Paluta Pj Wali Kota Pangkalpinang