4 Keputusan Wasit Shen Yinhao yang Bikin Netizen Indonesia Mencak-Mencak di Semifinal Piala Asia U-23

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

29 April 2024 18:25 29 Apr 2024 18:25

Thumbnail 4 Keputusan Wasit Shen Yinhao yang Bikin Netizen Indonesia Mencak-Mencak di Semifinal Piala Asia U-23 Watermark Ketik
Wasit asal China Shen Yinhao yang memimpin laga Indonesia vs Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 (Foto: IG Asianfootballarena)

KETIK, JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 terhenti di semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah kalah 0-2 melawan Uzbekistan U-23, Senin malam (29/4/2024) di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar.

Dalam laga itu, sedikitnya ada 4 keputusan wasit asal China Shen Yinhao yang jadi sorotan dan bikin mencak-mencak alias protes netizen Indonesia di dunia maya. Berikut 4 keputusan wasit yang disorot netizen.

1. Gol Ferarri Dianulir

Setelah turun minum bek Indonesia Muhammad Ferarri mencetak gol pada menit ke-60 memanfaatkan kemelut di depan gawang Uzbekistan U-23.

Namun, gol tersebut akhirnya dianulir wasit Shen Yinhao setelah melihat rekaman Video Assistant Referee (VAR).

Dia menganggap striker Indonesia Ramadhan Sananta lebih dulu berdiri dalam posisi offside. Namun, dalam rekaman itu, hanya sedikit dari kaki Sananta yang tampak tipis melebihi posisi pemain belakang Uzbekistan.

2. Pelanggaran untuk Witan Sulaeman Batal di Kotak Penalti

Kinerja wasit Shen Yinhao kembali disorot  ketika pada babak pertama dia tidak memberi hadiah penalti untuk gelandang Indonesia Witan Sulaeman yang dijatuhkan di kotak terlarang.

Awalnya, Shen Yinhao sempat meniup pelanggaran namun hanya berbuah tendangan bebas. Padahal, tampak Witan terjatuh di dalam kotak penalti.

Sesaat kemudian, setelah melihat VAR, wasit malah menganulir keputusannya sendiri karena tackling pemain belakang Uzbekistas dianggap bersih karena terkena bola lebih dulu.

3. Kartu Kuning Shin Tae-yong

Selain itu, wasit juga memberi kartu kuning kepada pelatih Indonesia Shin Tae-yong yang berdiri di pinggir lapangan karena dianggap melakukan protes terlalu keras.

4. Kartu Merah Rizky Ridho
Terakhir, wasit Shen Yinhao mengusir kapten Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho dengan kartu merah di menit ke-86. Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran serius dengan menendang pangkal paha kapten Uzbekistan Abdurauf Buriev.

Dia juga melihat VAR sebelum mengambil keputusan itu. Dalam tayangan ulang, kaki kanan Rizky Ridho terlihat sukses menyapu bola lebih dulu. Meski akhirnya memang kaki Ridho lantas nyangkut di paha atas Buriev yang dalam posisi menjemput bola. (*)

Tombol Google News

Tags:

wasit Shen Yinhao Piala Asia U-23 Indonesia Uzbekistan semifinal