35 Ribu Tiket KA Jarak Jauh dari Stasiun Kota Malang Terpesan, Jakarta Jadi Tujuan Favorit

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

26 Maret 2024 05:50 26 Mar 2024 05:50

Thumbnail 35 Ribu Tiket KA Jarak Jauh dari Stasiun Kota Malang Terpesan, Jakarta Jadi Tujuan Favorit Watermark Ketik
Suasana yang ada di Stasiun Kereta Api Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Menyambut momen Lebaran, sebanyak 35 ribu tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Malang telah terpesan. Penjualan tiket berlangsung sejak 31 Maret hingga 21 April 2024.

"Sampai saat ini tiket kereta api jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Kota Malang, khususnya pada masa angkutan lebaran telah terpesan lebih dari 35.000 tiket pada masa 31 Maret sampai 21 April 2024," ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa (26/3/2024).

Dari keseluruhan jumlah penjualan tiket tersebut, Jakarta masih menjadi salah satu tujuan favorit. Hal tersebut salah satunya disebabkan banyaknya pendatang khususnya mahasiswa yang berasal dari daerah tersebut.

"Sementara ini favorit masyarakat yang berangkat dari Kota Malang pasti ke Jakarta dengan stasiun tujuan ke Pasar Senen atau Gambir dan Kereta Api Jayabaya, Gajayana juga favorit. Serta ke timur dengan Kereta Api Tawangalun juga cukup favorit sebagai tujuan masyarakat dalam berpergian pada masa lebaran nanti," lanjut Luqman.

Menurutnya, penjualan tiket pada momen lebaran tahun ini terjadi peningkatan hingga 6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kondisi tersebut dipengaruhi beberapa hal, seperti tidak adanya persyaratan dalam melakukan perjalanan setelah Pandemi Covid-19.

"Begitu juga volume perjalanan kereta api semakin bertambah dibandingkan angkutan lebaran tahun kemarin. Tahun kemarin ada tujuh di KA daop 8 untuk yang jarak jauh, sekarang ada 11. Itu juga mempengaruhi peningkatan karna tempat duduk yang kami sediakan juga bertambah," kata Luqman.

Luqman menambahkan, setiap harinya Stasiun Kota Malang akan memberangkankan 12 kereta api jarak jauh yang terdiri dari 8 kereta reguler dan 4 kereta api tambahan. Termasuk dengan 6.333 tempat duduk telah disediakan ke berbagai tujuan perjalanan.

"35 ribu itu berangkat dari Malang saja. Kalau kedatangan perkiraan kurang lebih sama karena Malang juga kota tujuan. Mungkin dari daerah barat, Jakarta, Bandung, karena banyak orang Malang juga yang kerja di sana," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

tiket kereta api kereta api jarak jauh Stasiun Kota Malang Mudik Lebaran KAI Daop 8 Surabaya Kota Malang