3.061 Kotak Suara Mulai Tiba di KPU Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

9 November 2023 09:00 9 Nov 2023 09:00

Thumbnail 3.061 Kotak Suara Mulai Tiba di KPU Kota Batu Watermark Ketik
Petugas KPU Kota Batu mengecek Surat Suara yang datang hari ini, Kamis (9/11/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – KPU Kota Batu menerima kedatangan 3061 Kotak Suara, Kamis (9/11/2023). Ribuan Kotak Suara itu untuk mengisi kebutuhan di 611 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu 2024 mendatang.

Tomi Rusydianto, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Batu mengatakan, kedatangan kotak suara ini bagian dari kebutuhan Pemilu 2024. Sebelumnya telah datang tinta dan bilik suara.

"Nah yang ketiga ini, KPU Kota Batu kedatangan kotak suara. Jumlahnya berdasar TPS yang ada yaitu 611. hari ini sudah satu kali pengiriman kotak suara," katanya.

Menurut Tomi, petugas KPU Kota langsung mengecek kondisi sambil menghitung ulang kotak suara tersebut. Ia belum bisa memastikan berapa yang rusak, karena hingga berita ini ditulis, belum ditemukan kerusakan. Sementara, petugas KPU masih mengecek surat suara yang diturunkan dari kendaraan.

"Masih di cek. Maka kekurangan atau kerusakan masih belum bisa dipastikan, tapi dari pengiriman sepertinya kondisi baik semua. Nanti kita cek lagi, saat ini berita acara masih kita siapkan," jelasnya.

Tomi menjelaskan, setelah surat suara diterima dan dicek ternyata ada kekurangan atau kerusakan, maka pihaknya membuat berita acara untuk diserahkan kepada pengirim. Kemudian kekurangan atau kerusakan surat suara akan diganti yang baru. 

"Ketika nanti tidak ada kerusakan dan kekurangan berarti berita acara lengkap. Tetapi kalau ada kerusakan atau kekurangan, kita buat berita acara, kita kirim ke penyedianya," terang Tomi.

Untuk logistik Pemilu 2024, KPU Kota Batu menggunakan gudang yang berada tidak jauh dari Kantor KPU Kota Batu. Gudang tersebut menyimpan semua logistik Pemilu 2024 untuk Kota Batu. Sedangkan, untuk proses packing dan setting di lantai dua gudang tersebut.

"Jadi saya kira gudang ini sudah representatif melaksanakan dan menyimpan kebutuhan logistik pemilu 2024," tegas Tomi Rusydianto, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Batu. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Kota Batu Kota Batu kotak Suara Pileg2024 pemilu2024