2nd Runner Up Miss Universe Indonesia Jabar Bicara Pandangannya tentang Bonus Demografi

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

14 Juli 2023 01:47 14 Jul 2023 01:47

Thumbnail 2nd Runner Up Miss Universe Indonesia Jabar Bicara Pandangannya tentang Bonus Demografi Watermark Ketik
Atika Bestari. (Foto: IG Atika)

KETIK, BANDUNG – Jumlah penduduk di Indonesia terus bertambah, termasuk di Jawa Barat. Karenanya, 2nd Runner Up Miss Universe Indonesia Jabar 2023, Atika Bestari yang akrab dipanggil Atika menyoroti naiknya angka jumlah penduduk dan bonus demografi.

"Menurut saya program yang dijalankan oleh pemerintah pusat dan daerah sudah sangat baik dalam mengupayakan dan mengerem kelebihan penduduk yang ada di Indonesia, khususnya di Jawa Barat," kata Atika kepada wartawan Ketik.co.id melalui pesan singkat whatsapp, Jumat (14/07/2023).

Perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai Master of Ceremony (MC), host, dan angklung conductor di Saung Angklung Udjo Bandung ini mengatakan, pemerintah sejak awal telah menjalankan program seperti Keluarga Berencana (KB) dengan slogan 2 anak lebih baik.

"Semakin ke sini, masuk ke generasi Alfa sudah cukup banyak seperti selebgram yang mencanangkan child free atau tidak memiliki anak," ujar Atika yang kini tinggal di Jakarta karena ikut suami yang juga pesepak bola bernama Aqil Savik itu.

Sebagai seorang perempuan, lulusan D3 Politeknik Negeri Bandung ini menyampaikan pemerintah sudah cukup bagus dalam mengatasi ledakan penduduk. Tinggal bagaimana kita sebagai masyarakat untuk menghadapi dan menjalankannya.

"Kita lihat bersama bahwa populasi di Jawa Barat itu bisa menjadi pertanda manusia berhasil melewati masalah-masalah yang ada dalam hidup," beber Atika yang hobi masak dan traveling.

Dia mencontohkan seperti adanya bencana, pandemi, kekurangan makanan, dan resesi ekonomi. Itu menandakan bahwa manusia bisa terus survive dan berkembang.

"Tetapi kalau kita lihat dari sisi buruknya, ledakan penduduk ini banyak dampaknya seperti sulitnya lapangan kerja, kriminalitas tinggi, kemiskinan, dan lain-lain," imbuhnya.

Ia lantas bercerita pernah satu acara dengan Gubernur Jawa Barat yang sangat peduli terhadap adanya pemanasan global dan ledakan penduduk.

"Dalam beberapa puluh tahun terakhir, kita merasakan dampak perubahan iklim yang luar biasa buruknya, karena adanya ledakan penduduk," terangnya.

Oleh karena itu, Atika menyebut sebagai masyarakat harus pintar-pintar dalam menghadapi itu semua, dan dimulai dari diri sendiri. Ketika sudah terjadi dengan adanya ledakan penduduk, apa yang akan kita lakukan terutama untuk pribadi, keluarga, masyarakat, dan Jawa Barat.

"Mulailah dari diri sendiri, pilahlah sampah, kurangi naik kendaraan pribadi dengan kendaraan umum, sehingga ledakan penduduk ini tidak berdampak terlalu luas," tandasnya.

Sebagai informasi, Atika pernah meraih beberapa prestasi membanggakan, di antaranya yaitu:

1. Mojang Pinilih KBB 2017.
2. Mojang Gandes Jawa Barat 2018.
3. Perwakilan Indonesia di ASEAN student conference di Singapura semasa kuliah.
4. Sudah ke beberapa kota di Indonesia dan luar negeri untuk mempromosikan angklung.(*)

Tombol Google News

Tags:

Atika Bestari Cantik Miss Universe Indonesia Jawa Barat 2023 Bandung bonus demografi penduduk