23 Pohon di Jember Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

4 Januari 2024 12:17 4 Jan 2024 12:17

Thumbnail 23 Pohon di Jember Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Kencang Watermark Ketik
Pohon tumbang di Kecamatan Jombang, Jember ketika hujan beserta angin kencang (3/1/2024) (Foto: BPBD Jember)

KETIK, JEMBER – Hujan disertai angin kencang terjadi di wilayah Jember pada Rabu (3/1/2024) sekitar pukul 15.00 WIB. Tercatat, ada enam kecamatan di wilayah Jember terdampak dan mengakibatkan banyak pohon tumbang serta menyebabkan seorang pengendara terluka.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Penta Satria, Kamis (4/1/24) mengatakan, pohon tumbang yang berada di Kecamatan Tanggul sempat menimpa seorang warga bernama Mahmudah. Ia harus dilarikan ke RSUD dr Soebandi karena luka di bagian dahi dan mulut.

Selain di Tanggul, hujan disertai angin kemarin juga terjadi di Kecamatan Ambulu, Balung, Kencong, Jombang, dan Semboro.

Tim reaksi cepat BPBD bersama instansi lain seperti PLN, kepolisian serta relawan melakukan evakuasi di enam titik kecamatan. Tim ini mengevakuasi pohon yang tumbang ke jalan agar arus lalu lintas tidak terhambat.

BPBD mengimbau masyarakat untuk memperhatikan keselamatan ketika sedang terjadi cuaca buruk. 

“Sejak bulan Desember 2023 kita mengeluarkan SK Siaga Bencana Meteorologi, kami himbau kepada masyarakat dengan adanya potensi bencana yang mulai muncul saat hujan hindari baliho dan pohon-pohon besar untuk berteduh demi keselamatan,” papar Penta.

Masyarakat juga harus dapat mengenali potensi bencana di sekitarnya agar siap melakukan antisipasi. Serta melakukan normalisasi saluran-saluran air di sekitar lingkungannya.

“Sekarang sudah ada aplikasi Inaris Personal, ketika kita berada di suatu tempat disitu akan muncul potensi bencana apa saja yang memungkinkan. Bisa di-download di Play Store,” ujarnya.

Masyarakat juga bisa memantau peringatan dini di sosial media BPBD Kabupaten Jember.(*)

Tombol Google News

Tags:

pohon tumbang Jember hujan beserta angin kencang cuaca buruk BPBD Jember