13 Geosite di Pacitan Bakal Direvalidasi UNESCO GG, Pemkab Komit Jaga Konservasi

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

27 Juli 2023 02:24 27 Jul 2023 02:24

Thumbnail 13 Geosite di Pacitan Bakal Direvalidasi UNESCO GG, Pemkab Komit Jaga Konservasi Watermark Ketik
Simbolis Penerimaan Tim dari UNSECO GG dan Pemkab Pacitan, (27/7/2023). (Foto: Prokopim Pacitan)

KETIK, PACITAN – Sebanyak 13 titik geosite di Geopark Gunung Sewu Pacitan, Jawa Timur bakal direvalidasi tim asesor dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization Global Geopark (UNESCO GG).

"Revalidasi ini merupakan mekanisme dari UNESCO Global Geopark untuk menjaga kualitas dari UNESCO Global Geopark di seluruh dunia," ungkap Prof. Dr. Siaowji Jing, Evaluator UNESCO Global Geopark saat memberikan sambutan pada acara Gala Diner di Pendopo Pacitan, Rabu (26/07/2023).

Menurut Siaowji, revalidasi UNESCO Global Geopark dilaksanakan empat tahunan dan menjadi revalidasi kedua bagi Geopark Gunung Sewu.

Untuk itu evaluator asal China tersebut yakin sudah banyak upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari warisan geologi tersebut beserta pengembangan warisan sejarah dan budaya.

Foto Bupati Pacitan saat memberikan sambutan di acara Gala dinner bersama Tim UNESCO GG. (Foto: Prokopim Pacitan)Bupati Pacitan saat memberikan sambutan di acara Gala dinner bersama Tim UNESCO GG. (Foto: Prokopim Pacitan)

"Dalam beberapa hari kedepan kami akan melihat, bertemu dan berbicara dengan masyarakat lokal untuk mengetahui seberapa bagus perkembanganya," katanya.

Sementara itu Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan Pemerintah Daerah Pacitan akan berkomitmen menjaga taman bumi atau upaya konservasi, guna tingkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan visi misi pemerintah daerah menjadikan daerah yang berjuluk kota 1001 goa tetap memiliki keindahan, sehingga pariwisata akan menjadi lokomotif perekonomian.

"Geopark yang kita miliki ini bisa hilang kalau kita tidak menjaga, mengembangkan dan memanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk itu penting bagi kita untuk terus menjaganya," tegasnya.

Sebagaimana tercatat, Kawasan karst Pacitan yang masuk Gunung Sewu UNESCO Global Geopark, mencakup empat kecamatan, yakni Kecamatan Donorojo, Pringkuku, Punung, serta Pacitan.

Terlebih, 13 geosite yang dimaksud terdiri dari lima pantai (Pantai Buyutan, Klayar, Srau, Watukarung, Teluk Pacitan), empat goa karst (Gua Gong, Tabuhan, Luwengombo, Luwengjaran) serta empat situs arkeologi (Situs Song Terus, Bak Soka, Guyang Warak, serta Situs Ngrijangan).

Beberapa Kabupaten lain, Selain Pacitan yang bakal direvalidasi terhadap 13 geosite tersebut, di antaranya, Kabupaten Gunung Kidul (DIY) serta 7 geosite di Kabupaten Wonogiri (Jateng), hal itu menyeluruh kesemua bagian dari Gunung Sewu UNESCO Global Geopark.(*)

Tombol Google News

Tags:

UNESCO GG Bupati Pacitan pemkab pacitan GEOSITE