Yayasan Paramitra Gelar Pemeriksaan Mata Gratis untuk Abang Becak

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: Marno

13 Oktober 2023 20:30 13 Okt 2023 20:30

Thumbnail Yayasan Paramitra Gelar Pemeriksaan Mata Gratis untuk Abang Becak Watermark Ketik
FOTO: Kegiatan sosial Yayasan Paramitra Jatim pemeriksaan mata di Kabupaten Tuban (13/10/2023)(Ahmad/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Yayasan Paramitra Jawa Timur di Tuban, menggelar kegiatan pemeriksaan dan cek kesehatan mata secara gratis terhadap masyarakat, khususnya tukang becak, pedagang dan pengunjung di Terminal Wisata Sunan Bonang, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban, Jumat (13/10/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Penglihatan Sedunia. Selain di terminal tersebut, juga digelardi  SDN Kebonsari 1 Tuban, yang menyasar tenaga pendidik, wali murid dan siswa.

Koordinator Wilayah Project I-SEE Yayasan Paramitra Jatim di Tuban, Rudi Wibowo menyampaikan, bersamaan dengan pemeriksaan mata gratis ini, pihaknya berkampanye sekaligus sosialisasi tentang menjaga kesehatan mata.

Diterangkan oleh Rudi, Yayasan Paramitra Jatim bekerja sama dengan Dinkes P2KB Tuban, perawat mata di beberapa puskesmas dan kader mata. “Selain itu menggandeng pihak DLHP Tuban untuk kegiatan di Terminal Wisata Kebonsari,’’ ungkap Rudi kepada wartawan, Jumat (13/10/2023)

Dia menambahkan, jumlah peserta dalam pemeriksaan dan sosialisasi kesehatan mata pada hari ini melebihi target. Yakni mencapai 650 orang lebih dari target awal 500 orang.

Dijelaskannya, selain pelayanan pengecekan mata gratis, Yayasan juga memberikan bingkisan kepada warga yang ikut berpartisipasi dalam giat sosial. Kemudian, apabila terdapat rujukan ke pelayanan kesehatan, Yayasan Paramitra juga akan berupaya membantu warga agar mendapatkan pelayanan gratis, termasuk memberikan kaca mata jika diperlukan.

“Intinya, momentum Hari penglihatan Sedunia tahun ini, kami mengupayakan secara tuntas terkait permasalahan penanggulangan gangguan mata di kabupaten Tuban melalui sosialisasi dan juga screening mata. Harapan ke depan, masyarakat terhindar dan terbebas dari gangguan penglihatan,’’ pungkasnya.

Di kegiatan sosial itu, salah satu abang tukang becak Abdul di Terminal Wisata Kebonsari Tuban, mengaku senang bisa mendapatkan pelayanan cek kesehatan mata gratis. Pasalnya, melalui pengecekan tersebut, ia bisa mengetahui kesehatan penglihatannya tanpa perlu pergi ke klinik kesehatan mata. “Terlebih gratis dan mendapatkan bingkisan,’’ akunya (*)

Tombol Google News

Tags:

Yayasan Paramita Mata tuban