Wujudkan Ketahanan Pangan, Polisi Panen Ikan Bersama Warga

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Marno

29 September 2023 13:52 29 Sep 2023 13:52

Thumbnail Wujudkan Ketahanan Pangan, Polisi Panen Ikan Bersama Warga Watermark Ketik
Kapolresta Sidoarjo begitu semangat turun ke tambak untuk menangkap ikan, Jumat (29/9/2023). (Humas Polresta Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Polresta Sidoarjo ajak warga bersama-sama memanen ribuan ekor air tawar di kawasan pertambakan Desa Banjar panji Kecamatan Tanggulangin, Jumat (29/9/2023). Ikan ini dinilai sudah waktunya panen setelah ditebar dua bulan lalu.

Kapolresta Sidoarjo Kusumo Wahyu Bintoro mengungkapkan panen raya ikan air tawar ini merupakan salah satu langkah kepolisian dalam mendukung program ketahanan nasional. Selain polisi, proses pembesaran ikan ini juga melibatkan berbagai pihak termasuk pihak desa.

Foto Hasil panen langsung disalurkan kepada warga sekitar untuk dapat dikonsumsi. (Humas Polres Sidoarjo)Hasil panen langsung disalurkan kepada warga sekitar untuk dapat dikonsumsi. (Humas Polres Sidoarjo)

“Dari apa yang kita lakukan mulai masa tebar benih ikan, kini tiba saatnya panen raya. Tentu manfaatnya dapat kembali bagi kebutuhan pangan masyarakat sekitar. Seperti sekarang hasilnya langsung kami bagikan ke warga,” ujarnya usai memanen ikan.

Tak peduli sengatan matahari yang begitu membakar, perwira dengan tiga melati di pundaknya ini bahkan terjun langsung ke tambak. Dengan menggunakan jaring, ia berusaha menangkap ikan yang berukuran besar.

“Kegiatan panen raya juga sebagai wujud soliditas kami bersama anggota baik itu dari Polri, TNI dan stake holder terkait,” lanjutnya.

Melalui panen ikan ini, pihak kepolisian juga ingin memberikan contoh kepada masyarakat dalam memanfaatkan lahan kosong. Diharapkan dengan contoh ini mereka dapat lebih kreatif guna mewujudkan ketahanan pangan bahkan di tingkat RT sekalipun.

“Warga bisa bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas maupun Babinsa untuk bergotong royong mendayagunakan lahan kosong, daripada dibiarkan menganggur,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polresta Sidoarjo Polisi sidoarjo bhabinkamtibmas Babinsa Banjar panji tanggulangin