Wujud Solidaritas Palestina, Gubernur Khofifah Unggah Foto Pegang Buah Semangka

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

7 November 2023 13:36 7 Nov 2023 13:36

Thumbnail Wujud Solidaritas Palestina, Gubernur Khofifah Unggah Foto Pegang Buah Semangka Watermark Ketik
Gubernur Khofifah berfoto sambil memegang buah semangka. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengganti foto profil di media sosial instagram pribadinya @Khofifah.Ip pada Selasa (7/11/2023). Dalam foto profil terbarunya, Khofifah tampak membawa semangka merah yang menjadi simbol dukungan dan solidaritas terhadap Palestina yang saat ini tengah berperang dengan Israel.

Selain mengganti foto profil, Gubernur Khofifah juga tampak mengunggah foto tersebut di feed instagram miliknya. Khofifah menegaskan bahwa Jawa Timur berdiri bersama Palestina dan mendukung penuh kemerdekaan Palestina. 

“East Java, Indonesia consistently stands with Palestine and fully supports Palestinian Independence !,” tulis Khofifah di akun Instagram pribadinya.

Aksi ini pun sontak mendapatkan banyak dukungan dari para netizen. Banyak masyarakat membanjiri kolom komentar menyatakan dukungannya terhadap aksi Mantan Menteri Sosial RI tersebut.

“#IStandWithPalestine derek Bu Gubernur kami bu @khofifah.ip,” tulis hafidzlidinillah. 

“Inggih Siap Ibu Gubernur, Rakyat Jawa Timur bersama Palestina,” ungkap nyonon_ytr 

Sebagai informasi, belakangan ini banyak masyarakat yang menggunakan gambar potongan buah semangka pada unggahan di media sosial sebagai bentuk dukungan dan solidaritas terhadap Palestina. Komposisi warna bendera Palestina yang terdiri dari merah, hijau, putih, dan hitam dianggap termanifestasi pada potongan semangka. Buah ini disebut tumbuh di seluruh Palestina, dari Jenin hingga Gaza.

Simbol semangka sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina bukan hanya merupakan metafora visual. Tetapi juga memiliki makna mendalam yang terkait dengan perjuangan rakyat Palestina atas penindasan oleh Israel. Karena itu, buah ini kerap pula disebut sebagai the fruit of Palestine.(*)

Tombol Google News

Tags:

Buah semangka Solidaritas Palestina Instagram Dukungan Gubernur Khofifah Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur