Wisatawan Jangan Takut! Isu Krisis Air di Gili Trawangan Tak Benar, Begini Faktanya!

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

4 Juli 2024 09:24 4 Jul 2024 09:24

Thumbnail Wisatawan Jangan Takut! Isu Krisis Air di Gili Trawangan Tak Benar, Begini Faktanya! Watermark Ketik
Salah satu karyawan sedang menyiram dan membersihkan jalan menggunakan air di jalanan Gili Trawangan. (Foto: Kiagus Firdaus/Ketik.co.id)

KETIK, LOMBOK UTARA – Belum lama ini sempat viral adanya isu mengenai tiga Gili di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami krisis air. Adanya isu tersebut menyebabkan wisatawan di Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan mengalami penurunan.

Padahal, faktanya yang mengalami krisis air hanya di Gili Meno karena belum adanya akses PDAM. Namun di Gili Trawangan tidak mengalami krisis air bersih.

"Karena kabar tiga Gili mengalami krisis air banyak sekali orang yang takut ke Gili, padahal faktanya ada di Gili Meno, sedangkan Gili Air paling dekat dengan daratan itu tidak mengalami krisis karena dari pipa langsung. Gili Trawangan juga sama tidak terjadi krisis air," jelas Ruli Karyawan Vila Ombak pada Ketik Media, Kamis (4/7/2024).

Ruli menyayangkan adanya berita yang bombastis mengenai krisis air di 3 gili, sehingga menurunkan wisatawan.

"Dengan adanya berita bombardir itu hingga wistawan mengurungkan niatnya wisata ke Gili Trawangan, padahal biasanya yang paling ramai," terangnya.

Menurut Ruli, wisatawan takut untuk ke gili yang berada di NTB karena khawatir tidak dapat bisa melakukan aktivitas dengan bebas.

"Nah, orang itu takut ngga bisa mandi, ngga bisa melakukan aktifivitas karena air tidak ada, faktanya ketika kami ada di Gili Trawangan air itu berlimpah ruah, bahwa air berjalan lancar, air berlimpah ruah," jelasnya.

Dirinya menjamin, semua hotel, semua rumah makan, semua yang menggunakan air itu mengalir dengan lancar dengan deras.

"Sehingga sampai detik ini di Gili Trawangan tetap ramai, tetap banyak aktivitas pagi sampai malam," papar Ruli.

Wisatawan asal Malang, Kiagus Firdaus yang datang berlibur bersama keluarganya menyaksikan langsung bahwa Gili Trawangan tak ada krisis air bersih.

"Saya menyaksikan sendiri bagaimana air bersih di sini aman dan melimpah. Bahkan pegawai-pegawai banyak yang menyiram tanah dengan air bersih, bersihkan kendaraan listrik dengan air bersih. Tidak ada krisis air," ungkapnya.

Kiagus meyakinkan wisatawan baik mancanegara maupun domestik untuk tidak ragu dan khawatir berlibur ke Gili Trawangan NTB. (*)

Tombol Google News

Tags:

NTB Gili Trawangan gili krisis air Krisis Air Bersih