Waspadai Jalur Klemuk Kota Batu Saat Libur Lebaran, Berikut Tips Aman melewatinya

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

12 April 2024 01:00 12 Apr 2024 01:00

Thumbnail Waspadai Jalur Klemuk Kota Batu Saat Libur Lebaran, Berikut Tips Aman melewatinya Watermark Ketik
Jalur penyelamatan di Jalan Klemuk Songgoriti Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Jalan Klemuk Songgoriti Kota Batu Jawa Timur merupakan jalur yang sering dilewati oleh pengendara meskipun memiliki medan yang curam. Kondisi tersebut patut diwaspadai oleh pengendara.

Jalan alternatif itu banyak dilewati karena dapat memangkas waktu tempuh dari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang ke Kota Batu. Sehingga, pengendara dari Kabupaten Kediri dan Jombang juga kerap kali melintas di jalur maut tersebut.

Tercatat beberapa kecelakaan pernah terjadi di jalur Klemuk Songgoriti ini. Pada 17 Mei 2023 lalu, sebuah truk mengalami rem blong ketika melintasi jalan Klemuk dari Pujon.

Truk tersebut menabrak sebuah mobil dan tiga sepeda motor motor hingga menyebabkan tiga orang meninggal dunia. Jalur alternatif Klemuk dari Pujon Kabupaten Malang menuju Songgoriti memiliki kondisi jalan yang menurun tajam.

Jalur ini kerap membuat kendaraan mengalami kecelakaan akibat rem blong. Oleh karena itu hanya, mobil berukuran kecil seperti sedan dan MPV yang bisa lewat di jalur ini.

Sebuah portal besi dipasang untuk menghalau kendaraan besar yang akan masuk jalur Klemuk. Sebuah papan imbau warna biru juga dipasang di portal Jalur Klemuk Songgoriti dari arah Pujon Kabupaten Malang. 

Begitu juga dari arah Songgoriti Kota Batu terdapat Papan tersebut. Papan itu bertuliskan Jalan khusus sepeda motor dan kendaraan kecil tinggi maksimal 2,2 M.

Untuk meminimalisir kecelakaan, disana telah disiapkan Jalur penyelamat yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Pada saat liburan, di jalur Klemuk juga bersiap relawan yang akan membantu pengendara jika mengalami kendala saat melintas di jalur Klemuk. 

Meskipun demikian, pastikan rem kendaraan anda dalam keadaan baik sebelum melewati jalur alternatif Klemuk. Terutama bagi pengendara dari luar kota yang tidak mengetahui Medan jalur tersebut.

Oleh karena itu, sebelum melintasi jalur tersebut baiknya pengendara juga siapkan mental untuk menuruni medan curam jalur Klemuk. Namun, jika pengendara ragu, maka alangkah baiknya masuk Kota Batu melalui jalur utama saja.

Yaitu melalui Jalur provinsi yang melintas wisata payung. Memang akan banyak memakan waktu tempuh dibandingkan melewati jalur alternatif Klemuk. Tetapi, keselamatan pemgendara akan lebih terjamin. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Jalur Klemuk Songgoriti kecelakaan Libur lebaran Kawasan Songgoriti