Warga Malang Keluhkan Pengurusan SIM, Begini Respon Kapolres

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

8 Desember 2023 12:21 8 Des 2023 12:21

Thumbnail Warga Malang Keluhkan Pengurusan SIM, Begini Respon Kapolres Watermark Ketik
Warga Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Ketika program Jumat Curhat bersama Polres Malang. (Foto: Humas Polres Malang)

KETIK, MALANG – Polres Malang menggelar program Jumat Curhat di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jumat, (8/12/2023). Pada kegiatan ini, warga mengeluhkan pembuatan SIM kepada Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana.

Widyawati, seorang warga Desa Ampelgading, menyampaikan keinginannya agar proses pembuatan SIM dapat dilakukan lebih dekat dari tempat tinggalnya di wilayah Kecamatan Tirtoyudo.

"Kalau lebih dekat, akan memudahkan kami dan warga di sini saat mengurus SIM," ujarnya. Hal ini ditanggapi langsung oleh Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana.

Ia mengatakan, Polres Malang telah membangun Satpas Prototype di Desa Tegaron, Kepanjen. "Dengan adanya Satpas baru, jarak tempuh untuk mengurus SIM dapat dipangkas, sehingga lebih mudah diakses oleh warga," ucapnya.

Ia juga menegaskan bahwa perubahan lintasan uji praktek SIM telah dilakukan untuk meningkatkan keefektifan uji. "Sehingga pemohon SIM dapat lebih mudah menjalani uji praktek tanpa harus melalui lintasan zig-zag maupun angka delapan yang dinilai sudah tidak relevan," terangnya.

Mantan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok ini juga memaparkan program Samsat Keliling di wilayah Malang, memberikan kesempatan kepada warga untuk memanfaatkan layanan ini secara maksimal.

"Program ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam urusan administrasi kependudukan," kata perwira menengah  dengan dua melati di pundaknya tersebut.

Sebenarnya kata Putu, Polres Malang telah memiliki Satpas. Namun, keberadaannya di Singosari yang berada di wilayah Malang Utara. Satpas Prototype ini untuk mengcover wilayah Malang Selatan.

“Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan SIM di Satpas Singosari dan Satpas Prototipe agar masyarakat bisa lebih merasakan dampak positif tersebut,” ungkap Putu.

Menurutnya, melalui  program Jumat Curhat ini, Polres Malang terus menunjukkan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta memperkuat ikatan emosional antara kepolisian dan warga.

"Forum ini diharapkan dapat menjadi wahana efektif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Malang," jelasnya.

Tombol Google News

Tags:

jumat curhat Polres Malang Kabupaten Malang Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana pembuatan sim