Wakil Ketua DPRD Surabaya Dorong Dinkes Antisipasi Varian Covid Terbaru

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

11 Desember 2023 13:55 11 Des 2023 13:55

Thumbnail Wakil Ketua DPRD Surabaya Dorong Dinkes Antisipasi Varian Covid Terbaru Watermark Ketik
Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kasus Covid-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia dan Singapura, mengalami kenaikan. Salah satunya disebabkan oleh sub varian EG.5 atau Eris.

Subvarian ini menyebabkan gejala umum pada pasien Covid-19. Salah satu yang disoroti adalah temuan alergi.

Wakil Ketua Umum DPRD Surabaya AH Thony mendorong agar Dinas Kesehatan mengaktifkan kembali Satgas Covid.

"Dinas Kesehatan terutama untuk mengaktifkan kembali reaktivasi, terhadap Satgas Covid yang dulu sempat kita bentuk dan untuk dewan pun juga begitu masing-masing komisi itu bisa mulai menyiapkan, menata banyak hal," paparnya saat ditemui media online Ketik.co.id.

Menurutnya, dewan kota harus bahu membahu agar menyiapkan infrastruktur untuk mengantisipasi pandemi Covid varian terbaru.

"Tidak hanya dari Komisi D, karena di situ butuh untuk kesiapan infrastruktur, kesiapan mitigasi pandemi seperti yang dulu pernah terjadi," ujar Politisi Gerindra ini.

Thony menjabarkan bahwa langkah antisipasi ini agar segera dilakukan supaya masyarakat Surabaya memiliki ketenangan karena sudah belajar dari pandemi kemarin.

"Langkah itu segera dilakukan karena supaya masyarakat ada ketenangan bahwa persoalan pandemi Covid memberikan kita pelajaran, kecemasan ketakutan menjadikan imun kita menjadi menurun," tuturnya.

Jika ada persiapan dari Pemerintah Kota Surabaya maupun dari dewan kota, maka masyarakat akan lebih tenang karena sudah ada upaya pencegahan.

Thony menjabarkan kiat-kiat agar masyarakat tidak mudah terpapar dari varian yang baru yang sudah beredar selama ini.

"Ketika kita merasa sudah ada semacam itu, gejala-gejala segera tidur sebanyak-banyaknya, tidak mengonsumsi karbohidrat atau makanan mengandung gula agar virus tak berkembang semakin banyak," jelasnya.

"Dinas Kesehatan perlu membuat satu analisis kira-kira antisipasi yang paling tepat, untuk menjaga supaya masyarakat itu berani menghadapi Covid," pungkas AH Thony. (*)

Tombol Google News

Tags:

Covid 19 covid varian terbaru DPRD Surabaya Wakil Ketua Umum AH Thony Dinkes Kota Surabaya antisipasi covid