Vila Bima Sakti, Tempat Menginap Kesukaan Bung Karno di Kota Batu yang Masuk Cagar Budaya

Jurnalis: Sholeh
Editor: Naufal Ardiansyah

25 Februari 2024 00:40 25 Feb 2024 00:40

Thumbnail Vila Bima Sakti, Tempat Menginap Kesukaan Bung Karno di Kota Batu yang Masuk Cagar Budaya Watermark Ketik
Nampak depan Vila Bima Shakti di Taman Rekreasi Selecta Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Vila Bima Shakti di Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Jawa Timur merupakan salah satu cagar budaya tingkat kota yang telah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Batu.

Vila yang dahulu bernama Villa De Brandarice itu merupakan vila favorit atau primadona presiden pertama RI, Bung Karno saat berkunjung ke Kota Batu.

Direktur Utama Selecta, Sujud Hariadi mengatakan, pihaknya baru saja memasang prasasti informasi cagar budaya di bagian depan Villa Bima Shakti.

Dalam prasasti itu, tertulis Villa Bima Shakti (villa De Brandarice. Dibangun oleh Ruijter De Wild pada masa sebelum kemerdekaan Indonesia sebagai salah satu villa dari Zwembad Hotel Selecta dengan nama Hotel De Brandarice.

Foto Prasasti yang ada di depan Vila Bima Shakti di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Prasasti yang ada di depan Vila Bima Shakti di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Bangunan ini menjadi favorit Bung Karno untuk merenungkan keputusan keputusan penting mengenai perjuangan negara selain bertamasya dan beliau merubahnya menjadi Villa Bima shakti

"Prasasti ini supaya pengunjung tahu bahwa villa Bima Shakti adalah bangunan favorit Bung Karno

 Selain itu, supaya pengunjung tahu akan nilai sejarah villa ini," katanya, Sabtu (24/2/2024).

Sujud mengatakan, Villa Bima Shakti masuk dalam Bangunan Cagar Budaya, Kota Batu dengan No : 188.45/417/KEP/422.012/2021. Oleh karena itu, tetap mempertahankan keaslian arsitektur bangunan tersebut. 

Di bagian depan, terdapat tulisan Villa Bima Shakti yang nampak dari kejauhan. Sedangkan, prasasti informasi berada di sisi kiri bagian depan villa.

Kemudian, ketika masuk ke dalam vila bercat putih ini, pengunjung akan melihat seluruh interior, dan perabotan masih peninggalan zaman dulu. Mulai dari ranjang, lemari dan lukisan tetap dipertahankan seperti dahulu.

"Semua masih kami rawat seperti dulu. Cuma kita pernah merenovasi kamar mandinya. karena sudah rusak," tambah Sujud.

Bukti bahwa villa Bima Shakti merupakan tempat favorit bung Karno adalah adanya sebuah catatan yang ditinggalkan Bung Karno untuk vila Bima Shakti.

Bahkan di dalam catatan tertanggal 1 Maret 1955 itu, ada beberapa putusan penting mengenai perjuangan negara yang Bung Karno ambil saat menginap di Vila Bima Shakti.

“Kenang-kenangan pada Selecta tetap hidup dalam ingatan saja. Bukan sadja karena tamasja jang indah, tetapi djuga karena di Selecta itu beberapa putusan penting mengenai perdjoangan Negara telah saja ambil,” demikian tulis Soekarno. 

Sujud mengutarakan, meskipun bernilai sejarah tinggi, villa Bima Shakti sampai saat juga masih disewakan untuk pengunjung. Disana ada beberapa kamar dan aula yang bisa menampung puluhan pengunjung.

"Kami membandrol Rp 1 juta per kamar. Harga ini berlaku hari biasa maupun hari libur,” urai Sujud. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Taman Rekreasi Selecta Villa Bima Shakti Vila Bima Sakti Batu Tempat menginap