Usai Dibuka, Bupati Kediri Minta Pedagang dan Pengunjung Jaga Pasar Wates

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Mustopa

29 Januari 2024 17:15 29 Jan 2024 17:15

Thumbnail Usai Dibuka, Bupati Kediri Minta Pedagang dan Pengunjung Jaga Pasar Wates Watermark Ketik
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat bertemu pedagang Pasar Wates, Senin (29/1/2024). (foto : isa/Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Bupati Kediri Hanindhito Himawan meminta kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Wates untuk bersama-sama saling menjaga bangunan pasar. Hal ini diharapkan karena konsep tematik pasar wisata, budaya, tradisional, dan modern.

Nantinya, pasar ini akan menjadi percontohan untuk pasar lain, baik dari segi bangunan, digitalisasi pasar, sarana pendukung dan teknologi yang digunakan.

"Hari ini salah atau pasar terbaik yang dimiliki Kabupaten kediri adalah Pasar Wates. Harapannya, pasarnya sudah bagus, tolong dijaga kebersihannya," kata Mas Dhito saat meresmikan Pasar Wates, Senin (29/1/2024).

"Kedua, saya berharap bagaimana nanti pedagang tidak meluber keluar pasar," tambahnya.

Dia meminta area luar pasar tetap steril dari pedagang. Selain menjaga pasar tetap rapi, adanya pedagang yang berjualan di luar juga menjadi keluhan pedagang yang ada di dalam, karena mengurangi pembeli yang masuk pasar.

Setelah Pasar Wates, Mas Dhito membeberkan pemerintah Kabupaten Kediri akan melakukan revitalisasi Pasar Ngadiluwih. Seperti halnya Pasar Wates, revitalisasi Pasar Ngadiluwih nantinya juga akan memasukkan unsur tematik. 

Foto Ornamen Pasar Wates perpaduan antara tradisional, budaya dan modern. (foto : isa/Ketik.co.id).Ornamen Pasar Wates perpaduan antara tradisional, budaya dan modern. (foto : isa/Ketik.co.id).

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih menambahkan, sebagai pasar yang mengusung tematik dalam pembangunannya diharapkan memberikan dampak tidak hanya sebagai sarana jual beli melainkan termasuk sebagai pasar wisata.

"Menjadi harapan Mas Bupati, Pasar Wates ini di desain tidak hanya sekedar pasar, tapi bagaimana bisa menjadi daya tarik orang luar untuk masuk ke Pasar Wates," terangnya.

Diterangkannya, selain bangunan pasar dengan hiasan relief dan unsur estetika yang ada, pasar ini juga didukung sarana dan teknologi pendukung yang lebih modern. Seperti pemberlakuan e-parkir maupun e-retribusi untuk mendukung digitalisasi pasar termasuk penggunaan smart CCTV.

"Smart CCTV ini mungkin juga satu satunya di Jawa Timur untuk level pasar," urainya.

Jumlah pedagang yang terdata di Pasar Wates berjumlah 486 orang. Jumlah itu termasuk yang menempati kios sebanyak 43 pedagang.

Tutik menekankan pihaknya akan terus melakukan penataan seiring dengan jumlah pedagang yang terus bertambah. 

"Tentunya ini perlu strategi, inovasi-inovasi supaya semua pedagang mendapatkan tempat," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Wates Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mas Dhito kediri Pasar Tradisional