Usai Apel Sholawat Kebangsaan, Area JSG Kembali Bersih

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

11 Januari 2024 09:35 11 Jan 2024 09:35

Thumbnail Usai Apel Sholawat Kebangsaan, Area JSG Kembali Bersih Watermark Ketik
Area Jember Sport Garden (JSG) yang dijadikan tempat Apel Sholawat Kebangsaan kembali bersih, Kamis (11/1/2024) (Foto: LSN Jember)

KETIK, JEMBER – Apel Sholawat Kebangsaan telah usai digelar pada Rabu (10/1/2024) pukul 19.00 WIB. Tujuh puluh enam ribu yang didominasi ibu-ibu se-Kabupaten Jember memadati acara yang digelar Laskar Sholawat Nusantara di Jember Sport Garden. Pasukan kebersihan laskar sholawat langsung membersihkan area JSG pada Kamis (11/1/2024) pagi.

Ratusan pasukan kebersihan dikerahkan dari anggota LSN untuk membersihkan sampah-sampah sisa gelaran apel sholawat kemarin. Pantauan di lapangan, banyak sampah plastik berserakan yang dibawa ibu-ibu dan sisa dagang UMKM yang berjualan di area stadion. Sampah di lapangan stadion juga banyak ditinggalkan karena panik turun hujan deras dan membubarkan diri ke tempat teduh.

Ketua Panitia Apel Sholawat Kebangsaan, Abdullah Waid menyampaikan jika petugas laskar kebersihan bergerak membersihkan sampah sejak pagi hari dan baru selesai pukul 12.00 WIB. Sampah yang semula berserakan di dalam dan luar stadion langsung terlihat bersih. 

Sebanyak 250 petugas membersihkan arena JSG menggunakan sapu dan berhasil mengumpulkan puluhan karung sampah. Selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir di Pakusari.

Waid mengatakan bahwa gerakan bersih sampah ini selalu dilakukan usai menggelar acara. Menurutnya, sholawat bersama dan kebersihan merupakan bentuk komitmen umat islam dalam kecintaan kepada Nabi Mihammad SAW.

"Kami berkumpul dalam keadaan cinta kepada Rasulullah. Sebab hadis Nabi mengatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman," katanya.

Kebersihan merupakan salah satu bentuk kecintaan Laskar Sholawat yang dikonkritkan dengan kegiatan bersih-bersih usai acara sholawat. "Jadi berangkatnya dalam keadaan bersih, pulang pun juga harus dalam keadaan bersih," ujar Waid.

Sebelumnya, Apel Sholawat Kebangsaan yang dihadiri langsung oleh Presiden LSN dan pengurus di berbagai kota/kabupaten Jember berlangsung dari pagi hingga malam. Juga dihadiri Gibran Rakabuming Raka sebagai anggota kehormatan ikut bersholawat mendoakan Pemilu 2024 berlangsung lancar.(*)

Tombol Google News

Tags:

Laskar Sholawat Nusantara Petugas laskar kebersihan Jember Sport Garden kembali bersih Jember sholawat akbar pilpres2024