Upayakan Perbaikan Pasar Besar, Pemkot Malang Gelontorkan Dana hingga Rp 1 Miliar

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

4 Januari 2024 07:26 4 Jan 2024 07:26

Thumbnail Upayakan Perbaikan Pasar Besar, Pemkot Malang Gelontorkan Dana hingga Rp 1 Miliar Watermark Ketik
Pasar Besar Malang tampak dari bagian depan. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang kembali menaruh perhatian pada perbaikan Pasar Besar Malang. Untuk perbaikan tersebut Pemkot Malang menggelontorkan dana dari APBD tahun 2024 hingga Rp1 miliar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi. 

Anggaran tersebut dialokasikan untuk perbaikan bagian yang sering dikeluhkan oleh pedagang dan masyarakat. Eko menyebutkan bagian atap, talang air, hingga sistem drainase yang menjadi sasaran perbaikan nantinya.

“Untuk tahun ini Pasar Besar alokasi anggaran sekitar Rp 1 miliar. Itu kebanyakan perbaikan terutama soal drainasenya,” ujar Eko, Kamis (4/1/2024).

Pihaknya juga telah meminta para pedagang bersiap dengan adanya perbaikan Pasar Besar. Mengingat terkait perawatan dan perbaikan beberapa bagian gedung yang mengalami kerusakan telah disepakati untuk dilakukan tahun 2024 ini.

"Konsep revitalisasi yang lebih besar nanti masih perlu ditata ulang. Pemkot Malang kan masih tetap mengupayakan adanya anggaran dana yang berasal dari pusat atau kementerian," tambahnya.

Eko juga menjelaskan bahwa perbaikan dan perawatan saluran drainase di kawasan Pasar Besar akan direalisasikan pada April 2024 nanti. Saat ini masyarakat sering mengeluhkan banjir yang meluap di area Pasar Besar. Hal tersebut disebabkan saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik. 

“Masih diupayakan revitalisasi dalam skala besar. Prosesnya agak panjang,” ucapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Besar Malang Diskopindag Kota Malang perbaikan Pasar Besar Malang drainase pasar Kota Malang