Ulif Wakhidatul Jannah, Miss Hijab Sosial Indonesia 2023 Nilai Perempuan Tak Boleh Direndahkan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

13 Desember 2023 13:33 13 Des 2023 13:33

Thumbnail Ulif Wakhidatul Jannah, Miss Hijab Sosial Indonesia 2023 Nilai Perempuan Tak Boleh Direndahkan Watermark Ketik
Ulif Wakhidatul Jannah, Miss Hijab Sosial Indonesia 2023 (Foto: Wandi/ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Miss Hijab Sosial Indonesia 2023, Ulif Wakhidatul Jannah akrab dengan panggilan Ulif, gadis cantik asal Sukorejo Sidayu Gresik yang sedang menempuh pendidikan D3 Bahasa Inggris di Universitas Airlangga (Unair) menilai bahwa perempuan tak boleh direndahkan oleh siapapun.

Pemilik akun media sosial Instagram @uulifhannaj menilai, bahwa seorang laki laki adalah pemimpin suatu keluarga dan bangsa. Maka sejatinya mereka dapat memimpin keluarganya menjadi keluarga yang baik.

"Begitupula perempuan, memiliki peran yang sangat penting. Nantinya akan lahir generasi muda bangsa yang berkualitas. Dalam Islam perempuan memiliki tempat yang sangat tinggi dan dimuliakan," kata Ulif kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, pada hari Rabu (13/12/2023).

Namun menurutnya, perempuan selalu diekspektasikan untuk menjadi seseorang yang sempurna. Seringkali perempuan dituntut untuk tidak pernah melakukan kesalahan sedikitpun. 

"Perempuan seringkali dianggap lemah, tidak bisa apa-apa, tidak bisa berprestasi, tidak bisa berkontribusi. Budaya patriarki yang masih melekat pada masyarakat mengharuskan perempuan untuk hanya duduk di rumah, tidak berpendidikan, dan selalu ada di bawah laki-laki," ujarnya.

Ia setuju, memang benar bahwa kodratnya seorang laki laki adalah imam, tapi itu bukan berarti perempuan tidak boleh memiliki kesempatan yang sama, yaitu kesempatan untuk mendapat pendidikan, menyampaikan pendapat, dan kesempatan untuk berkarya.

"Budaya patriarki dan kurangnya kesadaran hukum membuat banyak perempuan masih merasakan ketidakadilan dan akhirnya mendapatkan kekerasan," terang Ulif menuturkan dengan jelas dan gamblang.

Dirinya menyebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mencatat, sebanyak 25.050 perempuan menjadi korban kekerasan di Indonesia sepanjang 2022. Jumlah tersebut meningkat 15,2% dari tahun sebelumnya sebanyak 21.753 kasus. 

"Ini merupakan satu permasalahan yang harus segera diselesaikan, mengingat perempuan merupakan madrasah pertama bagi anaknya. Generasi bangsa akan lahir dari rahim seorang perempuan. Sudah sepantasnya perempuan dihormati dan disayangi," bebernya.

Lantas Ulif membagikan cara agar perempuan terhindar dari tindak kekerasan, yaitu:
1. Perempuan harus mengetahui lingkungannya
Lingkungan menjadi faktor utama adanya kekerasan. Seorang perempuan diharapkan dapat mengenali lingkungan sekitarnya dengan begitu ia akan dapat melakukan perlindungan terhadap dirinya sendiri. Perempuan juga dapat aware apabila terjadi suatu masalah.

2. Jangan terlalu percaya pada orang lain
Sejatinya seorang manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan, tapi bukan berarti kita harus mempercayai orang lain 100%. Untuk itu, agar dapat menghindari adanya kekerasan atau hal yang tidak diinginkan, seorang perempuan harus membuat tameng untuk dirinya sendiri. Ia harus menjaga jarak aman dengan mereka yang bukan anggota keluarga atau kerabat yang dekat.

3. Bersikap tegas
Perempuan seringkali dianggap sebagai seorang yang lemah, dengan begitu banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan terhadap hal tersebut. Untuk itu seorang perempuan diharapkan bisa tegas terhadap hal buruk yang ia terima. Apabila dipaksa atau mengalami perilaku tidak senonoh di luar dugaan, segera ambil tindakan. 

4. Percaya diri
Perempuan yang tidak percaya diri lebih beresiko mengalami kekerasan dari pada perempuan yang percaya diri. Pasalnya, mereka yang tidak percaya diri umumnya akan merasa takut ketika mengalami kekerasan. Mereka akan diam, dan tidak melawan. Padahal seorang perempuan harus berani untuk melawan segala ketidakadilan yang ada pada dirinya.

Ulif mengajak, bagi seluruh perempuan yang ada di Indonesia, ingatlah bahwa kalian adalah orang orang yang hebat, dari kalianlah akan lahir generasi generasi yang berkualitas. Tidak ada satupun yang akan menghalangimu untuk berperilaku tepat, sehingga kamu akan mendapatkan tempat. Karena kamu adalah wanita yang hebat. Terus belajar, teruslah berprestasi dan teruslah berkarya. 

"Wahai wanita, berbanggalah karena kalian adalah aspek terpenting dalam kehidupan. Mari persiapkan diri untuk menjadi wanita-wanita berdaya yang bisa mengidentifikasi potensi diri, mengaktualisasikan, dan bisa bermanfaat untuk masyarakat," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Ulif, yaitu:
1. Runner Up 1 Miss Hijab Indonesia 2023
2. Runner Up 1 Miss Hijab Jatim 2023
3. Mahasiswi berprestasi Fakultas Vokasi Unair 2023
4. Queen 1 D3 Bahasa Inggris 2022
5. Juara 1 Story Telling Competition se-Jawa Timur

Adapun pengalamannya yaitu:
1.  Guru di TPQ Darussalam Sukorejo Sidayu
2. Guru di ESE (Edso Social Expedition)
3. Pelatih English for Business
4. Delegasi Provba dan LKMMTD Unair
5. Pemilik “English Fun Learning”
6. Penulis Buku “Pulu The Angry Monster” dan “Let’s Visit the Zoo”

Tombol Google News

Tags:

gresik Cantik Ulif Wakhidatul Jannah Miss Hijab Sosial Indonesia 2023 perempuan Direndahkan