Tumbangkan Tuan Rumah Aceh 3-2, Jatim Sudah Dinanti Jabar di Final Sepak Bola PON 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

17 September 2024 06:50 17 Sep 2024 06:50

Thumbnail Tumbangkan Tuan Rumah Aceh 3-2, Jatim Sudah Dinanti Jabar di Final Sepak Bola PON 2024 Watermark Ketik
Pemain Jatim berusaha mencetak gol ke gawang tuan rumah Aceh, Senin, 16 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Tim Sepak Bola Jawa Timur memastikan masuk final PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Jatim menuju partai puncak usai menumbangkan tim tuan rumah Aceh 3-2, Senin, 16 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh.

Gol Jawa Timur dicetak oleh Achmad Dwi Firmansyah pada menit ke-31. Dua gol lain dari Wigi Pratama pada menit ke 40 serta 74.

Sedangkan dua gol Aceh dicetak Refyanshah pada menit ke-4 dan gol bunuh diri dari bek sekaligus kapten Jatim M Yoga Wahyu Pratama pada menit ke-87.

Permainan Aceh yang cepat membuat pemain Jawa Timur sempat kelimpungan di babak awal pertandingan. Hasilnya Aceh berhasil membobol gawang Jatim melalui sontekan dari Refyansyah pada menit ke-4.

Foto Pemain Jatim berusaha membongkar pertahanan Aceh untuk menciptakan gol, Senin, 16 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Pemain Jatim berusaha membongkar pertahanan Aceh untuk menciptakan gol, Senin, 16 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Tertinggal 1-0, Pemain Jatim mencoba lebih tenang dalam mengatur serangan. Hasilnya Jatim berhasil mendominasi dan mengurung pertahanan Aceh.

Pada menit ke 31 Achmad Dwi Firmansyah mencetak gol untuk Jatim serta menyamakan kedudukan 1-1.

M Yoga Wahyu Pratama dan kawan-kawan yang tidak ingin kalah dari tuan rumah Aceh terus meningkatkan intensitas serangan ke pertahanan Aceh.

Hasilnya menit ke-40 memanfaatkan skema serangan balik membuat Jawa Timur menambah pundi-pundi gol yang dicetak Wigi Pratama. Gol tersebut membuat Jatim melebarkan keunggulan 2-1 atas Aceh.

Keunggulan 2-1 bertahan hingga akhir babak pertama usai. Di babak kedua Aceh yang tertinggal berusaha mencari gol terus mengurung pertahanan Jawa Timur di 15 menit pertama babak kedua.

Pertahanan Jawa Timur yang kokoh membuat Aceh kesulitan menembus. Jatim yang bermain lebih sabar berhasil keluar dari skema permainan Aceh dan melakukan serangan.

Foto Wigi Pratama berhasil mencetak 2 gol membuat Jatim lolos ke final PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Senin, 16 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Wigi Pratama berhasil mencetak 2 gol membuat Jatim lolos ke final PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Senin, 16 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Hasilnya pada menit ke-74 Wigi Pratama memperlebar keunggulan Jatim menjadi 1-3 atas Aceh.

Agresifitas pemain Aceh meningkat usai gol ketiga dari Jatim. Itu membuat Refyanshah diganjar kartu kuning kedua usai menjegal Achmad Dwi Firmansyah pada menit ke-83.

Meskipun bermain dengan 10 pemain, Aceh terus meningkat intensitas serangan. Hasilnya pada menit ke 87 bek sekaligus kapten Jatim M Yoga Wahyu Pratama membobol gawang sendiri atau bunuh diri yang mana dirinya hendak membuang bola namun malah membobol gawang sendiri yang membuat skor 2-3 terjadi. (*)

Hingga babak kedua usai skor 2-3 tercipta yang membuat Jawa Timur berhasil melaju ke Final. Arek Jawa Timur sudah ditunggu oleh pasukan Jawa Barat yang berhasil mengalahkan Kalsel lewat adu pinalti. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sepak Bola Jatim Aceh vs Jatim PON2024 PON Jawa timur Koni Jatim