Tips Menyimpan Ikan Teri Agar Tahan Lama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

8 November 2023 04:45 8 Nov 2023 04:45

Thumbnail Tips Menyimpan Ikan Teri Agar Tahan Lama Watermark Ketik
Ikan teri. (Foto: Dok. Wikipedia)

KETIK, JAKARTA – Ikan teri adalah bahan makanan yang cukup banyak digunakan dalam berbagai masakan khas Indonesia. Selain karena harganya yang murah, ikan teri juga memiliki rasa yang enak sehingga banyak orang yang menyukai ikan ini.

Ikan ini dikenal bisa tahan dalam waktu yang cukup lama, jika disimpan dengan benar, bahkan hingga berbulan bulan. Berikut beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menyimpannya.

Seperti yang kita tahu jika ikan teri biasa dijual dalam bentuk kering, oleh sebab itu ikan ini dapat disimpan dalam waktu yang lama. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ikan ini dapat disimpan lebih lama.

• Saat membeli ikan teri, pastikan membeli ikan teri yang kualitasnya bagus. Ikan teri yang bagus terlihat bersih dan segar meski telah dikeringkan. 

• Ikan teri yang telah dibeli sebaiknya dijemur lagi agar semakin kering. Jika kamu malas menjemur, kamu bisa mengeringkannya di dalam oven sebentar saja. 

• Simpan ikan teri yang telah kering di wadah tertutup atau kedap udara. Kamu bisa menyimpannya di dalam stoples atau dalam wadah plastik. Cara menyimpan ini akan membuat ikan teri tahan lebih lama. 

• Simpan ikan teri yang telah di dalam wadah di suhu ruang. Ikan teri bisa tahan selama berminggu-minggu. 

• Agar ikan teri kering tahan selama berbulan-bulan, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es. Makanan yang disimpan di lemari es akan tahan lebih lama. 

• Agar kualitas ikan teri yang disimpan tetap baik, hindari menyimpan ikan teri bersama bahan makanan lain yang berbau menyengat, lembab atau pun basah. 

• Saat mengambil ikan teri dari dalam wadah, pastikan tangan atau sendok dalam keadaan kering. Tangan dan sendok yang basah akan menurunkan kualitas ikan teri.

Demikian itulah beberapa cara mudah menyimpan ikan teri yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah(*)

Tombol Google News

Tags:

Ikan teri bahan makanan cara menyimpan Masakan Seafood tips