Tinjau Venue Piala Dunia U-17, Presiden Jokowi: Syukur Kalau Timnas Bisa Juara

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

12 Juli 2023 06:13 12 Jul 2023 06:13

Thumbnail Tinjau Venue Piala Dunia U-17, Presiden Jokowi: Syukur Kalau Timnas Bisa Juara Watermark Ketik
Presiden Jokowi bersama Timnas Piala Dunia U-17, di Stadion Si Jalak Harupat Kab Bandung, Rabu (12/7/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Presiden Joko Widodo meninjau Stadion Si Jalak Harupat Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Rabu (12/7/2023). Stadion kebanggaan warga Kabupaten Bandung ini dipersiapkan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 pada 10 November 2 Desember 2023.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi juga mengapresiasi proses seleksi timnas sepakbola yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 mendatang.

Presiden berharap prestasi tinggi diperlihatkan Timnas Garuda Muda. Terlebih mereka akan tampil di negerinya sendiri setelah Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

"Ya yang pertama, harapannya bisa masuk (lolos) penyisihan, syukur bisa masuk final, syukur bisa juara gitu loh," ucap Jokowi saat ditanya tentang target Timnas pada Piala Dunia U-17.

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi didampingi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Bupati Bandung Dadang Supriatna, dan pejabat pemerintahan lainnya. 

"Pagi hari ini saya datang ke Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung Jawa Barat. Pertama, tujuannya untuk melihat renovasi Stadion Si Jalak Harupat yang selesai dilakukan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," kata Jokowi. 

Kemudian yang kedua, kata Jokowi, ingin melihat proses seleksi pemain Timnas Piala Dunia U-17. "Kita senang, proses renovasi telah selesai, tetapi juga nanti masih akan ada proses cek ulang lagi dari FIFA untuk U-17 karena yang kemarin dicek untuk U-20," kata Jokowi. 

Foto Presiden Jokowi meninjau kesiapan Stadion Si Jalak Harupat Kab Bandung untuk dijadikan venue Piala Dunia U-17, Rabu (12/7/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Presiden Jokowi meninjau kesiapan Stadion Si Jalak Harupat Kab Bandung untuk dijadikan venue Piala Dunia U-17, Rabu (12/7/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Presiden Jokowi mengungkapkan melalui pelaksanaan renovasi Stadion Si Jalak Harupat itu, di antaranya yang sudah diperbaiki rumputnya, lampunya, tempat ganti, akses keluar masuk Stadion maupun keluar-masuk Si Jalak Harupat semuanya diperbaiki dan dilakukan oleh Kementerian PUPR RI.

"Untuk U-20 kemarin, ini sudah layak untuk dipakai. Tapi untuk U-17 masih ada proses perbaikan lagi," katanya. 

Yang kedua proses seleksi, Jokowi mengaku senang akan dilakukan proses seleksi di 10 kota. "Hari ini, 187 pemain yang diseleksi. Yang diambil satu, dua, tiga pemain yang diambil. Proses-proses seperti ini yang saya harus memberikan apresiasi kepada PSSI , yang memberikan kesempatan kepada anak-anak muda kita untuk bisa ikut berpartisipasi di Piala Dunia U-17. Manajemen di bawah PSSI, di bawah Erick Thohir," jelasnya. 

Menghadapi Piala Dunia U-17, kata Jokowi, FIFA akan menentukan layak atau tidaknya stadion yang akan digunakan gelaran Piala Dunia U-17. 

"Tugas kita menyiapkan, memperbaiki, merenovasi, FIFA datang ke sini (Indonesia), kita sudah siap," ujarnya. 

Jokowi mengatakan ada enam sampai delapan stadion di Indonesia yang diajukan ke FIFA untuk jadi evnue piala dunia U-17. "Nanti ada proses pengecekan dari FIFA, yang  mana yang akan ditentukan. Tinggal yang menentukan FIFA. Kita menyiapkan saja," pungkas Jokowi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Presiden RI Presiden Jokowi Jokowi Piala dunia Piala Dunia U-17 Si Jalak Harupat