Tanggapi Ramai UKT Naik, Rektor Klaim Unitri Kampus Swasta Termurah di Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

28 Mei 2024 09:55 28 Mei 2024 09:55

Thumbnail Tanggapi Ramai UKT Naik, Rektor Klaim Unitri Kampus Swasta Termurah di Malang Watermark Ketik
Rektor Unitri, Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kampus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang tetap tenang di tengah kemelut protes kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN). 

Rektor Unitri, Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto menjelaskan kebijakan UKT tidak berlaku bagi mereka. Bahkan ia mengatakan bahwa Unitri menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) dengan biaya pendidikan murah di Malang. 

"Kami biaya pendidikannya tergolong murah. Setiap semester rata-rata Rp 2,5 juta. Itu pun dinamikanya sangat luar biasa," ujar Prof Eko, Selasa (28/5/2024). 

Biaya pendidikan yang terjangkau tersebut masih ditambah dengan pemberian beasiswa atau subsidi pendidikan kepada mahasiswa. Bantuan yang diberikan pun beragam, mulai dari bebas SPP 100 persen, bebas SPP 50 persen, dan bebas DPP. 

"Jumlah subsidi yang ditawarkan dari seluruh mahasiswa, beasiswa mencapai 40 persen. Kalau misal kami menerima 2000 mahasiswa itu yang membayar cuma 1000 mahasiswa," lanjutnya. 

Kenaikan UKT di beberapa PTN menjadi sebuah peluang dan tantangan bagi Unitri untuk dapat menggaet calon mahasiswa baru. Prof Eko mengatakan meskipun PTN memiliki nominal UKT yang mahal, tetap akan ramai diburu calon mahasiswa. 

"Persoalan semua PTS itu sama. Meskipun biaya pendidikan PTN mahal tapi bagaimanapun juga tetap dikejar meskipun tidak tahu jaminan ke depan seperti apa," ucapnya. 

Saat ini pihak kampus tengah menggencarkan promosi Unitri ke daerah-daerah khususnya Jawa Timur dan Malang Raya. Rektor tak ingin Unitri hanya dikenal sebagai kampus milik masyarakat Indonesia bagian Timur. 

"Unitri bukan kampus yang dikhususkan untuk orang NTT. Itu karena dampak dari tahun 90an saat saya turun langsung untuk promosi Unitri di NTT. Akhirnya banyak kenal pemerintah dan terbangun kerjasama," tambahnya. 

Setiap tahunnya Unitri menargetkan mendapatkan sekitar 1300 mahasiswa baru. Hingga saat ini sudah terdapat 835 calon mahasiswa yang mendaftarkan diri. Namun tak dapat dipungkiri bahwa sekitar 600 di antaranya berasal dari Indonesia Timur. 

"Kami tidak berhenti promosi Unitri untuk bisa mencapai target. Diharapkan tiap tahun terima 1200-1500 sesuai daya tampung kampus. Kita tidak bisa terima terlalu banyak karna beasiswa yang disiapkan juga akan banyak," tutupnya. 

Tombol Google News

Tags:

Unitri Universitas Tribhuwana Tunggadewi Biaya Pendidikan PTS Malang Pendidikan Terjangkau