Tak Jauh dari Bandara Hasanuddin, Air Terjun Bantimurung Cocok untuk Pemandian Keluarga

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

6 Juni 2024 09:57 6 Jun 2024 09:57

Thumbnail Tak Jauh dari Bandara Hasanuddin, Air Terjun Bantimurung Cocok untuk Pemandian Keluarga Watermark Ketik
Pintu masuk Air Terjun Bantimurung berbentuk kupu-kupu di Kabupaten Maros (Foto: Pesona Indonesia)

KETIK, MAROS – Air Terjun Bantimurung berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung yang terletak di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Biasanya air terjun akan membentuk palung yang dalam di daerah jatuhnya curahan air, tapi air terjun Bantimurung yang memiliki tinggi 15 meter dan lebar 20 meter ini tidak mempunyai palung. 

Curahan airnya jatuh di landasan yang berupa lapisan batu kapur yang sudah mengeras serta dilapisi mineral dari aliran air selama ratusan tahun. 

Hal itu tentu saja membuat tempat terjunnya air menjadi tempat pemandian bagi pengunjung karena kedalamannya hanya berkisar antara mata kaki hingga pinggang orang dewasa. 

Lokasi pemandian ini juga semakin indah karena dikelilingi oleh bukit karang yang tinggi dan celah-celahnya ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang. 

Sementara di sebelah kiri air terjun, ada tangga  setinggi 10 meter yang menjadi akses menuju dua buah gua, yaitu Gua Batu dan Gua Mimpi yang memiliki lorong sepanjang 1500 meter yang dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit.

Kawasan air terjun Bantimurung juga terkenal dengan kupu-kupu. Jadi tidak mengherankan saat memasuki lokasi ini, pengunjung akan disambut dengan sebuah patung kupu-kupu berukuran besar. 

Dahulu pada masa penjajahan Belanda, tempat ini mereka sebut dengan nama “Kingdom of Butterfly” karena lokasi ini menjadi habitat berbagai jenis spesies kupu-kupu yang langka. 

Bahkan antara tahun 1856 – 1857, seorang naturalis berkebangsaan Inggris, bernama Alfred Rassel Wallase, pernah tinggal untuk meneliti 150 spesies kupu-kupu langka di tempat ini. 

Dan bagi pengunjung yang berminat mempelajari hal yang terkait dengan kupu-kupu, bisa mendatangi Museum Kupu-kupu yang juga berada pada kawasan wisata yang sama. 

 

Foto Air Terjun Bantimurung di Kabupaten Maros (Foto:  Pesona Indonesia)Air Terjun Bantimurung di Kabupaten Maros (Foto: Pesona Indonesia)

 

Mengenai harga tiket masuk, air terjun ini sedang viral di media sosial karena ada wisatawan asing yang membatalkan kunjungan karena merasa tiket masuknya kemahalan. 

Harga tiket masuk Air Terjun Bantimurung adalah Rp30,000.00. untuk wisatawan local dan Rp 225.000 untuk wisatawan mancanegara.

Lokasi obyek wisata Air Terjun Bantimurung terletak sekitar 15 kilometer dari kota Maros, dan 20 kilometer  dari Bandara Hasanuddin. 

Sementara jika berangkat dengan kendaraan pribadi dari kota Makassar, tempat ini berjarak sekitar 50 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu satu jam dalam keadaan normal.  

Dan jika pengunjung memutuskan berangkat langsung setelah mendarat di Bandara Hasanuddin, waktu tempuhnya sekitar 30 menit dengan menggunakan mobil pete-pete (semacam mikrolet) atau bus wisata. Untuk memudahkan, lokasi ini sudah ditandai dalam Google Maps. (*) 

Tombol Google News

Tags:

bandara hasanuddin Air Terjun Bantimurung Kabupaten Maros Pemandian Wisata Alam