Sungai Brantas Menjelma Jadi Coban Talun yang Menawan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

15 September 2023 09:58 15 Sep 2023 09:58

Thumbnail Sungai Brantas Menjelma Jadi Coban Talun yang Menawan Watermark Ketik
Qory Zakiah pengunjung dari Kota Malang bersama temannya sedang menikmati air terjun Coban Talun, Jum'at (15/9/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Coban Talun di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur merupakan air terjun dari Sungai Brantas. 

Hulu Sungai Brantas berada di Desa Sumber Brantas, Kota Batu, tepatnya di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Anjasmoro, bermuara ke Selat Madura. Sungai Brantas memang sangat terkenal, karena mengaliri hampir semua kota di Jawa Timur.

Coban Talun berada di kawasan Perhutani yang dikelola bersama masyarakat setempat. Melansir dari perhutani.co.id, Air Terjun Coban Talun memiliki ketinggian 50 – 60 meter dengan aliran air jernih dan menciptakan genangan air yang tidak terlalu dalam.

"Sejak pagi saya sudah di sini bersama teman teman. Air terjunnya bagus dan udaranya sangat sejuk," kata, Qory Zakiah pengunjung Coban Talun dari Kota Malang, Jum'at (15/9/2023).

Air terjun Coban Talun dikelilingi oleh hutan pinus yang asri. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari pintu masuk. Di sepanjang jalan, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang tenang dan segar. Dengan pohon pinus yang semakin membuat sejuk suasana.

 Atau kalau pengunjung tidak ingin berjalan kaki, pengelola Coban Talun menyediakan ojek menuju air terjun. Hanya dengan Rp 10 ribu, pengunjung bisa mencapai air terjun tanpa banyak menguras keringat.

"Kalau saya tadi jalan kaki. Jalan bareng temen teman teman jadi nggak kerasa capek. Sambil menikmati alam juga, jadi tadi kami berangkat pagi pagi," tambah Qory yang merupakan mahasiswa tersebut.

Sesampainya di air terjun, pengunjung akan disambut oleh suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian. Bila debit airnya besar, percikan air terjun akan membentuk kabut halus yang menyegarkan.

Pengunjung bisa berfoto-foto di depan air terjun atau di beberapa spot yang disediakan. Pengunjung juga bisa mandi atau bermain air di bawah air terjun. Setelah puas bermain air, pengunjung juga bisa menikmati kuliner di beberapa warung di lokasi air Terjun Coban Talun.

Di kawasan Wisata Coban Talun, selain menikmati air terjun, pengunjung juga bisa mencoba beberapa fasilitas lainnya. Seperti menjelajahi hutan menggunakan ATV, bermain flying fox, outbound, paintball dan juga berkemah di camping ground.

Tiket masuk kawasan wisata Coban Talun murah meriah. Hanya dengan Rp 10 ribu per orang, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam Coban Talun di Kota Batu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Coban Talun Kota Batu Wisata