Sumberdodol Magetan Bakal Jadi Desa Perikanan Maju, Begini Konsep Pengembangannya

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Naufal Ardiansyah

6 Mei 2023 13:28 6 Mei 2023 13:28

Thumbnail Sumberdodol Magetan Bakal Jadi Desa Perikanan Maju, Begini Konsep Pengembangannya Watermark Ketik
Bupati Magetan Suprawoto (tengah) saat foto bareng tim Kementerian Kelautan dan Perikanan di Pendopo Surya Graha, Jumat 6 Mei 2023. (Foto: Prokopim Magetan)

KETIK, MAGETAN – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia telah menetapkan Desa Sumberdodol, Panekan sebagai Desa Perikanan Cerdas.

Konsep Desa Perikanan Cerdas di Desa Sumberdodol itu bahkan dipaparkan langsung oleh KKP di depan Bupati Magetan, Kepala OPD dan undangan di Pendapa Surya Graha, Jumat (5/5/2023).

KKP mengeklaim Desa Sumberdodol ke depan segera bertransformasi menjadi desa mandiri karena kemajuan bidang perikanan di desa tersebut.

Smart Fisheries Village (SFV) Kampung Koi Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan merupakan konsep pembangunan desa perikanan dan satuan kerja yang berbasis pada penerapan benih unggul, penerapan teknologi informasi dan manajemen tepat guna.

Kepala Disnakan Magetan Drh. Nur Hariyani,  mengatakan sejak 2021  pihaknya mulai mengarahkan desa Sumberdodol menjadi Desa Perikanan Cerdas dengan sentuhan inovasi. Selanjutnya pada tahun 2022 menjadi desa rintisan SMF.

‘’Harapan besar semoga program tersebut bisa sukses menjadikan Sumberdodol sebagai desa perikanan cerdas,’’ kata Drh Nur Hariyani.

Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, dr Bambang Suprapto, menambahkan pihaknya melakukan kunjungan lapangan untuk memantapkan desa Sumberdodol sebagai SFV.

SFV  bertujuan mewujudkan desa perikanan yang lebih maju, modern dan berkelanjutan sehingga menjadi desa mandiri.

‘’Sumberdodol berpotensi dikembangkan karena memiliki sumber daya air yang melimpah. Di sana juga telah berkembang kelompok pembudidaya dan pengolah hasil perikanan,’’ tambahnya

Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan BRSDM KKP, Dr. Anastasia R.T.D Kuswardani bahwa pihaknya akan mendukung penuh program SFV di Magetan. Pihaknya berharap sinergi dari lintas stakeholder untuk menyukseskan program tersebut.

Bupati Suprawoto mengungkapkan program tersebut menjadi anugerah tersendiri bagi Magetan. Potensi yang ada dikembangkan dengan sentuhan teknologi.

‘’Sehingga nantinya desa berubah rupa menjadi desa mandiri, dengan potensinya masing-masing. Bupati berharap sinergi berbagai pihak untuk menyukseskan program tersebut,’’ tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kementerian Kelautan dan Perikanan Desa Sumberdodol Magetan Magetan Hari Ini Kampung KOI Magetan Desa Perikanan Cerdas di Magetan Pendapa Surya Graha