Sering Cemas? Konsumsi Makanan Ini Agar Mood Membaik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

29 Agustus 2023 22:36 29 Agt 2023 22:36

Thumbnail Sering Cemas? Konsumsi Makanan Ini Agar Mood Membaik Watermark Ketik
Ilustrasi.(Foto: pexels)

KETIK, JAKARTA – Rasa cemas dan stres bisa dialami oleh siapa saja. Dalam mengatasi serangan stres, banyak hal yang bisa dilakukan seperti melakukan relaksasi dan bercerita dengan orang terdekat. 

Ternyata mengonsumsi makanan tertentu juga dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan stres. Apa yang dikonsumsi ternyata tidak hanya berdampak pada kondisi tubuh secara fisik, tetapi juga mental.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dijadikan pilihan saat sedang mengalami perasaan cemas. Simak penjelasannya.

1. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan magnesium dan mineral yang dapat membantu mengatur mood serta mengurangi gejala kecemasan. Untuk mengkonsumsinya kamu bisa menjadikan kacang almond sebagai cemilan, toping atau bahkan smootie.

2. Buah Blueberry

Buah ini kaya akan kandungan antioksidannya seperti vitamin C dan flavonoid yang mampu melindungi otak dari stres oksidatif dan meningkatkan suasana hati. selain itu Blueberry disinyalir sebagai makanan yang memiliki khasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat meringankan peradangan pada tubuh. Selain itu makanan ini bisa meringankan risiko depresi dan kecemasan. Melihat khasiatnya makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

4. Oatmeal

Kadangkala gejala kecemasan erat kaitannya dengan fluktuasi kadar gula darah. Salah satu gizi yang dapat menurunkan kadar gula darah adalah serat yang dikandung dalam oatmeal. Selain itu makanan ini juga dapat mencegah kolesterol yang tinggi.

5. Cokelat Hitam

Dark chocolate memiliki kandungan flavonoid dan theobromine yang bisa merangsang pelepasan endorfin, oleh sebab itu mengkonsumsi cokelat hitam sangat dianjurkan saat mengalami kecemasan. Karena endorfin berkaitan erat dengan perasaan seseorang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Makanan Sehat Antioksidan flavonoid magnesium Lakarsantri Solusi saat stres Solusi saat cemas Cemas