Sepanjang 2023, Ada 3.653 Kendaraan Lakukan Uji KIR di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

19 Januari 2024 14:00 19 Jan 2024 14:00

Thumbnail Sepanjang 2023, Ada 3.653 Kendaraan Lakukan Uji KIR di Kota Batu Watermark Ketik
PJ Wali Kota Batu saat meninjau alat uji kendaraan di Balai Uji Kendaraan Bermotor di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Sepanjang tahun 2023, ada sebanyak 3.653 kendaraan yang telah melakukan pengujian berkala kendaraan atau Uji Kir di UPT Pengujian Berkala Kendaraan Kendaraan Bermotor di Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Agoes Machmoedi mengatakan bahwa jumlah tersebut didominasi oleh mobil barang atau pik up sebanyak 3.447 unit. Kemudian Bus sebanyak 204 unit. Dan yang paling sedikit adalah Mobil Penumpang Umum, yaitu sebanyak 2 unit. 

“Bagi pemilik kendaraan yang belum sempat cek kelayakan kendaraan segera lakukan, karena keselamatan adalah milik kita bersama,” katanya, Jum'at (19/1/2024).

UPT Pengujian Berkala Kendaraan Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Batu di Tlekung, Junrejo telah menjalankan amanat sesuai Pasal 3 PM No.19 Tahun 2021 tentang Uji Berkala. Menurut, Agoes, uji berkala dilakukan terhadap Mobil Penumpang Umum, Bus, Barang, Kereta Gandengan dan Kereta Tempelan. 

"Dengan adanya Uji KIR ini, diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan uji kendaraan," tegasnya.

Untuk diketahui, Pemkot Batu meluncurkan UPT Pengujian Berkala Kendaraan di Balai Uji Kendaraan Bermotor di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Kamis (21/09/2023) lalu.

Balai Uji Kendaraan Bermotor Kota Batu akan melayani sekitar 7 ribu kendaraan bermotor. Kehadiran Balai Uji tersebut sangat penting untuk melakukan pengujian kendaraan agar layak pakai. Serta meminimalisir adanya korban saat berlalu lintas.

"Grand Launching UPT Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor di Kota Batu hari ini dengan multiline system. Tentunya akan memberikan pelayanan secara efisiensi waktu," jelas Pj Wali Kota Batu Agung Aries Paewai.

Pemkot Batu berhasil menerapkan pengujian kendaraan bermotor dengan multiline system di Balai Uji Kendaraan Bermotor di Desa Tlekung. Penerapan inovasi itu, menurut Aries, merupakan pertama kalinya di Indonesia

"Dengan kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah pusat maka pemerintah daerah harus mendukung. Termasuk pelayanan transportasi. Maka akan mendukung sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan Kota Batu," ulasnya. (*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu uji Kir kendaraan Dinas Perhubungan Kota Batu UPT Balai Uji Kendaraan Bermotor