Sembilan Paket Rehab Sekolah di Pacitan Hampir Rampung

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

16 Oktober 2023 13:23 16 Okt 2023 13:23

Thumbnail Sembilan Paket Rehab Sekolah di Pacitan Hampir Rampung Watermark Ketik
Proses pemeriksaan progres pengerjaan proyek oleh Dinas Pendidikan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Delapan paket pekerjaan rehabilitasi gedung dan pagar Sekolah Dasar Negeri (SDN), dan satu SDIC di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur hampir rampung.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan Wahyono mengatakan, dari sembilan paket pekerjaan tersebut, tiga paket sudah selesai 100 persen dan enam paket lainnya masih dalam proses pengerjaan.

"Kalau yang 3 bulan, sekarang sudah 100 persen. Kan waktunya ada yang 3 bulan, ada yang 4 bulan," kata Wahyono saat dikonfirmasi media online nasional Ketik.co.id, Senin (16/10/2023).

"Untuk yang 4 bulan itu ada di SD Tanjungsari, yang sekarang progresnya sudah mencapai 80 persen. SD Tambakrejo juga 4 bulan, itu sudah mencapai sekitar 75 persen. Kemudian yang 3 bulan, ini sudah selesai semua semua. Sudah diajukan ke P1 untuk diperiksa," sambung Wahyono.

Foto Penilaian mutu pengerjaan proyek rehabilitasi Sekolah Dasar. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Penilaian mutu pengerjaan proyek rehabilitasi Sekolah Dasar. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Wahyono mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya rehabilitasi dan pembangunan di sekolah itu akan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk layanan pada masyarakat, baik jenjang SD maupun SMP.

"Tentu masih ada sekolah dengan masa atau umur bangunan yang sudah waktunya direhab. Tentu kami selalu ajukan untuk rehabilitasi," imbuh Wahyono.

Wahyono menambahkan, untuk tahun 2024, pihaknya telah mengusulkan sebanyak 80 sekolah baik SD maupun SMP untuk mendapatkan bantuan rehabilitasi.

"Kalau tahun 2024 usulan kami itu ada 80 sekolah baik SD atau SMP, sesuai dengan laporan dari sekolah dan laporan yang dari Dapodik (data pokok pendidikan). Nanti tergantung dari persetujuan pusat, melalui verifikasi," pungkas Wahyono. (*)

Berikut adalah rincian sembilan paket pekerjaan sekolah di Kabupaten Pacitan:

  1. Rehabilitasi Ruang Guru SDN 2 Kemuning Kecamatan Tegalombo, pembangunan Talud dan Pagar SDN 3 Kemuning, Kecamatan Tegalombo, pembangunan Talud SDN 4 Kemuning, Kecamatan Tegalombo. Rp226, 3 Juta.
  2. Pembangunan Pagar dan Talud SDN 1 Mendolo Lor, Kecamatan Punung, pembangunan Pagar dan Talud SDN 2 Mendolo Lor,pembangunan Talud SDN 2 Mendolo Lor, Kecamatan Punung, Rp288,7 Juta.
  3. Pembangunan Pagar dan Talud SDN 01 Glinggangan, Kec. Pringkuku, pembangunan Paving Halaman Sekolah SDN 1 Glinggangan Kecamatan Pringkuku, pembangunan Rehab Pagar SDN 2 Glinggangan Kecamatan Pringkuku, Rp221,3 Juta.
  4. Lanjutan Pembangunan Rkb SDN 2 Sirnoboyo Kecamatan Pacitan, pembangunan Pagar SDN 1 Sirnoboyo Kecamatan Pacitan, Rp251,9 Juta.
  5. Pembangunan Rkb SDIC Pacitan Kecamatan Pacitan, pembangunan Pagar dan Talud SD Negeri Bangunsari, Kecamatan Pacitan, pembangunan Pagar SDN Sumberharjo, Kecamatan Pacitan, Rp314,9 Juta.
  6. Pembangunan Mushola SDN 2 Ketepung Kecamatan Kebonagung, pembangunan Paving SDN 1 Ketepung Kecamatan Kebonagung, pembangunan Talud SDN 1 Ketepung Kecamatan Kebonagung, Rp215,9 Juta.
  7. Pembangunan Rehab SDN 3 Belah Kecamatan Donorojo, rehabilitasi Ruang Kelas SDN 1 Belah Kecamatan Donorojo, rehabilitasi atap SDN 1 Belah Kecamatan Donorojo, Rp203,1 Juta.
  8. Pembangunan Rehab Ruang Kelas SDN 3 Tumpuk Kecamatan Bandar, rehabilitasi Ruang Kelas SDN 1 Tumpuk Kecamatan Bandar (APBD), rehabilitasi Jamban (MCK) SDN 1 Tumpuk Kecamatan Bandar, Rp208,2 Juta.
  9. Rehabilitasi Ruang Perpustakaan SDN 2 Ngunut Kecamatan Bandar, pembangunan Talud dan Pagar SDN 2 Ngunut Kecamatan Bandar, Rp270,6 Juta. (*)

Tombol Google News

Tags:

Proyek SD pacitan Wahyono Rehabilitasi Dapodik Rehabilitasi gedung sekolah