Sandiaga Uno: Perlu SDM Kompeten dalam Menjawab Tantangan Industri 4.0

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

15 April 2023 12:52 15 Apr 2023 12:52

Thumbnail Sandiaga Uno: Perlu SDM Kompeten dalam Menjawab Tantangan Industri 4.0 Watermark Ketik
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memberikan sambutan di Webinar" UMKM sebagai pendukung Pariwisata), Sabtu (15/4/2023). (Foto: Tangkapan Layar Via Zoom)

KETIK, SURABAYA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap Jaringan Wisata Muhammadiyah dalam memberikan perhatian terhadap perkembangan sektor UMKM

Hal ini disampaikan langsung secara online via zoom di Webinar UMKM Pendukung Industri Pariwisata yang digelar pada Sabtu (15/4/2023). 

"Saya mengapresiasi sekali perhatian yang diberikan oleh teman teman dari Jaringan Wisata Muhammadiyah dalam membantu mengembangkan UMKM dalam menyambut dunia industri 4.0. Peran teknologi sangat penting agar dapat bersaing di kancah global," jelas Sandiaga.

Sandiaga menambahkan dalam menyambut industri 4.0 tidak hanya diperlukan teknologi yang mumpuni, akan tetapi lebih dari itu sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor yang tak kalah penting agar dapat bersaing di dunia internasional.

"Indonesia membutuhkan SDM yang profesional, kompetitif dan kompeten untuk menjawab tantangan industri digital. Oleh sebab itu diperlukan kerja sama semua pihak untuk berpartisipasi dalam pembangunan perekonomian khususnya bidang teknologi digital," tambah Sandiaga.

Dalam mendukung sektor UMKM sejauh ini pemerintah telah melakukan sejumlah langkah untuk menjawab tantangan tersebut. Salah satunya melalui lomba bedah desain kuliner yang merupakan kegiatan pengembangan usaha yang menekankan pentingnya kemasan produk untuk menumbuhkan awareness terhadap suatu brand.

"Sejauh ini sudah banyak sekali program yang diluncurkan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan produknya. Salah satunya melalui lomba desain kuliner atau packaging. Packaging yang menarik tentu sangat penting untuk menumbuhkan citra dari suatu produk," pungkas Sandiaga.

Sebagai informasi acara webinar ini merupakan bentuk kerjasama antara Jaringan Wisata Muhammadiyah dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Indonesia, dan Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Bali.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sandiaga Uno Kemenparekraf pariwisata UMKM Industri 4.0 SDM unggul teknologi