Sakinah Paramitha Aulia, RU 1 Puteri Indonesia Sulsel 2024 Bagikan Tips Menjadi Model, Yuk Simak!

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

19 Desember 2023 20:53 19 Des 2023 20:53

Thumbnail Sakinah Paramitha Aulia, RU 1 Puteri Indonesia Sulsel 2024 Bagikan Tips Menjadi Model, Yuk Simak! Watermark Ketik
Sakinah Paramitha Aulia, RU 1 Puteri Indonesia Sulsel 2024 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, MAKASSAR – Runner up 1 Puteri Indonesia Sulsel 2024, Sakinah Paramitha Aulia, akrab dengan panggilan Mitha (23),  kini berdomisili di Kota Makassar. 

Ia aktif dan berkecimpung di dunia entertainment seperti fashion model dan professional MC. Di tenga kesibukannya, kini dia  sedang menyelesaikan studi tingkat Magister S2 Manajemen di Universitas Hasanuddin. 

Pemilik akun media sosial  Instagram @prmithaaulia dan Linkedin: Sakinah Paramitha Aulia ternyata hobi membaca, khususnya buku self-improvement ataupun self-development. Seperti buku dari Meisya Sallwa dan Henry Manampirng, kali ini ia akan membagikan mengenai tips menjadi seorang model.

"Menjadi seorang fashion model bukan hal yang baru bagi saya. Sejak 2016 hingga kini sudah banyak memperagakan baju karya designer lokal, nasional hingga internasional," katanya kepada media online nasional Ketik.co.idi, Rabu (20/12/2023).

Alumnus Baly Tourism Polytechnic dengan IPK 3,97/4,00 itu bercerita awal mula menjadi fashion model, lebih karena dorongan dan dukungan penuh dari orang tua yang faham akan potensi anaknya.

"Sebelum menjadi fashion model, orang tua membawa dan memasukkan saya di berbagai sanggar tari hingga theater untuk belajar dan mengasah potensi. Tetapi saya merasa lebih senang di dunia fashion model yang kini ditekuni dan pastinya menjadi hobi yang terbayarkan," ujarnya.

Tapi lanjut Mitha, hambatan kehidupan di dunia enterainment, yaitu dengan adanya jadwal yang cukup padat membuatnya dituntut untuk bisa membagi waktu antara pekerjaan dan pendidikan. 

"Sebisanya saya tidak pernah menjadikan pekerjaan sebagai hambatan dalam menyelesaikan pendidikan dan begitu pula sebaliknya, pendidikan bukan hambatan dalam pekerjaan," ungkap Mitha sembari tersenyum manis.

Mitha selalu membuka kesempatan (challange) diri sebagai orang yang well management, yaitu mampu mengatur waktu, bisa mengatur jadwal, dan mampu mengatur serta mengontrol dirinya sendiri.

Berangkat dari hal tersebut, Mitha membagikan tips menjadi seorang fashion model, yaitu:
1. Good Attitude
Itu merupakan hal basic, dengan attitude yang baik kita dapat diterima di mana saja. Seorang fashion model bukan bekerja seorang diri tetapi bersama tim (designer, fitter, models, choreographer hingga photographer).

2. Bersih dan Sehat
Seorang fashion model akan memperagakan atau membawakan baju designer. Maka designer akan senang jika hasil karyanya dibawakan oleh orang yang sehat dan bersih, tentu ini menjadi pegangan seorang fashion model untuk tetap kembali dipercayakan membawakan baju designer.

3. Humble dan Mampu Bekerja Secara Professional
Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, seorang fashion model bukan bekerja seorang diri, melainkan bersama tim, dengan begitu fashion model harus dituntut memiliki sikap pembawaan yang humble dan disenangi banyak orang dan pastinya mampu bekerja secara professional walaupun yang menemani saat kerja adalah seorang teman dekat.

4. Well Management (Self and Time)
Fashion model diharuskan untuk bisa mengatur dirinya sendiri seperti mood dan pembawaannya, karena mereka akan menjadi jiwa dari hasil karya designer. Fashion model juga harus bisa mengatur waktu sebaik-baiknya, seperti contoh sederhana "datang dengan ontime bahkan beforetime".

4. Well Prepared
Fashion model diharuskan untuk menyiapkan keperluan fashion show sebagai senjatanya sebelum bertarung, seperti heels nude dan hitam, dalaman nude dan hitam, kacamata, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Mitha selalu tampil percaya diri dengan yakin akan potensi yang dimiliki. Jangan biarkan nervous yang mengontrol atau mengendalikan diri kita, tetapi diri sendirilah yang harus bisa mengendalikan, dengan cara banyak membaca dan memberikan afirmasi positif dengan diri kita. 

"Selain itu, jangan cepat puas, selalu upgrade diri. Tidak apa-apa kita kalah ataupun salah, karena itu merupakan bagian dari proses untuk menjadi lebih baik ke depannya," imbuhnya menuturkan dengan jelas dan detail.

Untuk teman-teman generasi muda, Mitha menegaskan, bahwa menang kalah hal biasa dan itu benar, hal luar biasanya kalau bisa mengartikan menang dan kalah itu. Itu semua bukan akhir dari belajar, tetapi awal dari proses perjalanan dan pembentukan diri.

"Jangan takut salah, kalau memang kita salah, its okey. Ingat, practice makes perfect. Hari ini salahnya kita ada 5, keesokan harinya 3, keesokan harinya 1 dan keesokan hari salahnya nol. So, jangan takut, karena ketakutan bisa menutup kemauan hebat kita," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, Mitha memiliki prestasi membanggakan, yaitu:
1. RU 1 Puteri Indonesia Sulsel 2024
2. Top 10 Peragawati di Balai Sarbini Jakarta pada tahun 2016

Selain itu, Mitha senang sekali dengan tulis menulis, ia buktikan dengan berbagai prestasi pada lomba nasional scientific paper atau karya tulis ilmiah, seperti:
1. Juara 1 pekan ilmiah dan kreativitas remaja di Universitas Muhammadiyah Makassar
2. Juara 2 Eco Brilliant Ideas di President University Cikarang
3. Juara 3 pekan ilmiah mahasiswa pariwisata di Universitas Gadjah Mada (UGM)
4. Juara 2 Education Fair di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik mahasiswi Sakinah Paramitha Aulia RU 1 Puteri Indonesia Sulsel 2024 model