Rayakan HUT Ke-79 RI, Warga Jambangan Surabaya Tumplek Blek di Bazaar dan Lomba Mancing

Jurnalis: Suyono
Editor: M. Rifat

18 Agustus 2024 14:33 18 Agt 2024 14:33

Thumbnail Rayakan HUT Ke-79 RI, Warga Jambangan Surabaya Tumplek Blek di Bazaar dan Lomba Mancing Watermark Ketik
Peserta lomba memancing memadati bibir sungai daalm Lomba Memancing di RT03 RW02 Jambangan. (Foto: Suyono)

KETIK, SURABAYA – Euforia HUT Kemerdekaan RI selalu dirasakan semua lapisan masyarakat tiap tahun. Tak terkecuali seluruh warga RT 03 RW 02 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya.

Pada Minggu malam (18/8/2024) mereka tumplek blek di acara Mancing Mania dan Bazaar. Dua acara itu diadakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-79 RI.

Kurang lebih 100 warga memadati Jalan Jambangan gang 4. Mereka ramai-ramai berjualan beraneka macam kuliner rakyat dan mengikuti lomba mancing.

Andi Winata, Ketua RT 03 RW 02 Jambangan mengatakan, lomba mancing seperti ini sudah menjadi agenda tahunan warga. Tahun ini digelar kembali karena sempat vakum 5 tahun.

"Malam ini, hampir 100 orang keluar semua untuk meramaikan lomba mancing dan bazaar. Alhamdulillah meriah," ucap bapak 2 anak itu.

Foto Stand kuliner yang memadati jalan utama Jambangan gang 4 (foto:Suyono)Stand kuliner yang memadati jalan utama Jambangan gang 4 (Foto:Suyono/Ketik.co.id)

Acara yang digelar sejak pukul 5 sore ini digelar di Jalan utama Jambangan gang 4 RT 03 RW 02 Kelurahan Jambangan tepat di tepi sungai.

Penjual kuliner yang mayoritas kaum hawa membuka lapak jualan secara berderet di sisi kanan dan kiri jalan utama. Mereka menyajikan sosis bakar, pento bakar, kentang goreng, jasuke, spageti, kebab dan lain-lain. Untuk minuman, ada es teh jumbo, aneka minuman kekinian sachet, kopi bahkan dawet.

Ida, salah satu penjual mengatakan acara ini membuatnya sangat senang. Dia berharap bisa dilaksanakan setiap tahun.

Tepat pukul 7 malam panitia membuka lomba mancing. Seketika itu para peserta yang didominasi kaum Adam langsung melempar kail ke sungai. 

"Lomba memancing kali ini panitia menebar lele sebanyak 60 kilogram dan 9 ekor lele master hingga berbobot 3,75 kilogram. Waktu lomba hanya 2 jam saja, dari pukul 7 hingga 9 malam. Hadiah untuk juara yakni Juara 1 Rp150 ribu, juara 2 Rp100 ribu dan juara 3 Rp75 ribu," jelas Djamarianto, Panitia lomba.

Foto Berjubel demi mendapatkan spot memancing yang tepat (foto:Suyono)Berjubel demi mendapatkan spot memancing yang tepat (Foto:Suyono/Ketik.co.id)

Antusias peserta lomba memancing sangat terlihat. Warga begitu padat duduk di bibir sungai sisi kanan dan kiri.

Dari Polsek Jambangan hadir Aiptu Mujianto selaku Babinkamtibmas Polsek Jambangan. Dia mengatakan acara seperti ini bisa menjaga kekompakan dan kerukunan warga dan antisipasi kejahatan jalanan.

"Jika ada sesuatu yang mencurigakan segera lapor ke Bhabinkamtibmas atau Polsek Jambangan," tegasnya.

Sebelum acara lomba memancing dan bazaar, warga telah menggelar 2 acara yakni malam syukuran dan pentas seni dengan dangdut pada 16 dan 17 Agustus 2024 (*)

Tombol Google News

Tags:

Jambangan Lomba Memancing Memancing Bazaar HUT ke-79 RI Kelurahan jambangan Kecamatan Jambangan jambangan surabaya warga 17an