Ramadan Ceria Bersama Ketua TP PKK Halsel Rifa’at Al-Sa’adah, Gelar I’tikaf Khusus Perempuan Jelang Akhir Puasa

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

17 Maret 2024 11:00 17 Mar 2024 11:00

Thumbnail Ramadan Ceria Bersama Ketua TP PKK Halsel Rifa’at Al-Sa’adah, Gelar I’tikaf Khusus Perempuan Jelang Akhir Puasa Watermark Ketik
Rifa’at Al Sa’adah Ketua TP-PKK Kabupaten Halmahera Selatan (Foto: Alif for Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Halmahera Selatan bakal melaksanakan berbagi kegiatan dalam meningkatkan kualitas keimanan dan silaturahmi secara beruntun di bulan suci Ramadan 2024.

Di bawah kepemimpinan Rifa’at Al Sa’adah, TP-PKK Halmahera Selatan (Halsel) mengagendakan 7 program kegitaan bagi tiap kalangan masyarakat di Kabupaten Halamahera Selatan (Halsel).

Adapun program Senyum Ramadan Pokja 1 PKK Halsel yang dijadwalkan dan telah di laksanakan yakni:

1. Pengajian dan Buka Puasa Bersama Pengurus dan Anggota PKK Halsel pada tanggal 16 Maret 2024, berlokasi di Kediaman Buapti desa Papaloang.

2. Berbagi Takjil Senyum Berkah Ramadhan bersama Masyarakt, 18 Maret di Zero Point.

3. Lomba Soan, 30 Maret berlokasi di Desa Kampung Makian Bacan Selatan.

4. Pesantren Ramadhan Ceria bagi Anak usia TK-SD 1-6 April 2024 (Kediaman Bupati Halsel).

Diketahui, Soan adalah kearifan lokal orang Maluku Utara (Ternate, Makian, Kayoa, Togale) dalam memberi spirit kepada anak yang hendak menyelesaikan puasa Ramadan sebulan penuh.

Tradisi ini telah turun-temuran dalam istilah bahasa Makian disebut dengan Soan, sementara khusus Etnis Kayoa disebut dengan Tonam Loka (Tanam pisang).

Foto Ilustrasi Soan yang bakal di lombakan.Ilustrasi Soan yang bakal di lombakan. (Foto: Mursal/Ketik)

Soan dan tonam loka dilakukan dengan menghiasi berbagai macam pernik-pernik hiasan di sebuah pohon pisang yang disediakan atau ditanam di depan rumah dengan buah yang hampir masak.

Selain itu, pada 20 hingga 25 Maret mendatang, Rifa’at Al-Sa’adah juga akan menggelar diskusi dan temu Tokoh Adat bersama PKK Halsel yang bakal dikemas dalam sebuah podcast yang disiarkan langsung melalui media sosial.

Istri Bupati Bassam Kasuba ini mengatakan, diskusi nantinya akan melibatkan 23 suku dan etnis di Halsel.

Foto Rifa’at Al-Sa’adah (Istimewah)Rifa’at Al-Sa’adah (Foto: Dok. Pribadi)

"Kegiatan diskusi inshaAllah melibatkan 23 suku dan etnis yang di Halsel. Diskusinya nanti kita live dalam podcast yang disediakan PKK Halsel. Obrolannya seputar kebiasaan dan adat istiadat saat bulan Ramadan," kata Rifa’at Al Sa’adah Sabtu, (16/3/2024).

Untuk menggapai Senyum Berkah Ramadhan, Rifa’at Al Sa’adah menambahkan, bakal menggelar I'tikaf khusus perempuan jelang akhir bulan penuh ampunan yang dipusatkan di Kediaman Bupati pada 6 hingga 7 April 2024 mendatang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan Ceria bersama Rifa’at Al Sa’adah Ketua TP PKK halmahera selatan Halsel Senyum Berkah Ramadan 1445 Hijriah 7 Program Kegiatan Lomba Soan