Rahayu Ratu Kaprowi, Pinilih Wanoja Budaya Jawa Barat 2023 Bicara Pentingnya Peran Generasi Muda

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

2 Januari 2024 05:30 2 Jan 2024 05:30

Thumbnail Rahayu Ratu Kaprowi, Pinilih Wanoja Budaya Jawa Barat 2023 Bicara Pentingnya Peran Generasi Muda Watermark Ketik
Rahayu Ratu Kaprowi, Pinilih Wanoja Budaya Jawa Barat 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, BOGOR – Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat atau disingkat Wajada Jabar merupakan sebuah paguyuban yang bergerak dalam bidang kebudayaan, guna mendukung program-program pemerintah, khususnya dalam pelestarian 3 zona budaya di Jawa Barat di antaranya, yaitu kebudayaan Priangan, Dermayon Cirebon, dan Melayu Betawi. 

Pinilih Wanoja Budaya Jawa Barat 2023, Rahayu Ratu Kaprowi, yang sekarang sedang menempuh pendidikan S1 program studi Pendidikan Seni Tari di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung bicara pentingnya peran generasi muda dalam dalam melestarikan dan menjaga budaya bangsa.

"Paguyuban ini berisi pemuda pemudi yang ingin melestarikan dan belajar lebih dalam tentang kebudayaan, dengan mengikuti Pasanggiri Wajada Jabar," katanya kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, pada hari Selasa (02/01/2024).

Rahayu sapaan akrabnya, gadis cantik asal Kabupaten Bogor menyampaikan, bahwa Pasanggiri Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat adalah sebuah ajang pencarian Duta Kebudayaan Jawa Barat yang berfokus pada aspek kebudayaan, baik secara cultural experience dan cultural knowledge.

"Ini semua diprakarsai oleh Yayasan Nonoman Palamarta Budaya dan bekerjasama dengan Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kebudayaan. Di mana pasanggiri ini pertama kali dilaksanakan pada tanggal 30 Juli tahun 2016 di Gedung Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung," ucap Rahayu menambahkan.

Pemilik akun media sosial Instagram @rahayuratuk menyatakan, bahwa budaya merupakan hasil berfikir manusia yang berkaitan dengan budi serta akal manusia dan cara hidup yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Sebagai seorang manusia, ia menyebut perlu mengetahui arti penting dari budaya sendiri.

Foto Rahayu Ratu Kaprowi, Pinilih Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat 2023Rahayu Ratu Kaprowi, Pinilih Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat 2023

"Indonesia merupakan sebuah bangsa yang dikenal oleh bangsa lain karena budayanya yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Karena budaya merupakan landasan kehidupan manusia, bukan hanya sekedar identitas saja tetapi sebagai gaya hidup dan pedoman masyarakat," terangnya.

Rahayu yang memiliki hobi traveling menjelaskan, bahwa setelah ditetapkan sebagai Pinilih Wajada Jabar, ada beberapa kegiatan yang telah diikuti di antaranya, pada tanggal 31 Agustus 2023 menghadiri acara Sampurasun Pasundan di RRI pro 4 dengan mengangkat tema Tradisi Tarawangsa. Kemudian pada 16 September 2023 dalam rangka memperingati hari aksara Internasional menghadiri acara Aksara Fest bersama Jatinangor Aksara Sunda dan Nutri Hub Bandung.

"Lalu 1 Oktober 2023 menghadiri kegiatan Membatik Organik Gutta Tamarin bersama W'dank dan Nutri Hub dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Tanggal 3 November 2023 saya menghadiri undangan Grand final Putra Putri Bumi Siliwangi 2023. Terakhir pada tanggal 13 November 2023 menghadiri undangan Grand Final Mojang Jajaka Kabupaten Bandung 2023," bebernya.

Peraih Mojang Remaja Motekar Kabupaten Bogor 2019 ini juga berpesan, untuk kaum muda Jawa Barat, mari bersama-sama mempertahankan dan mewariskan kekayaan budaya Jawa Barat kepada generasi mendatang, dengan menjaga tradisi, bahasa, tarian, dan musik, sehingga dapat dipastikan warisan berharga ini tetap hidup dan berkembang. 

"Ayo, jadilah agen perubahan untuk melestarikan keindahan budaya Jawa Barat! Ulah Era Jadi Orang Jawa Barat ! Nonoman Sunda Palamarta Budaya!" terang Rahayu dengan penuh semangat.

Terakhir, dia berharap untuk ke depannya agar bisa terus belajar dan berkembang dalam mengeksplorasi lebih banyak aspek budaya, mendalaminya, dan menjaga pengetahuan budaya yang terkini, lalu menjadi sumber inspirasi bagi orang lain.

"Terutama generasi muda, untuk memahami, menghargai, dan melestarikan budaya mereka sendiri, serta memiliki pengaruh positif dalam mempromosikan toleransi, pemahaman lintas budaya, dan kerjasama antar budaya," tandasnya dengan nada percaya diri.

Sebagai tambahan informasi, berikut daftar Winner dan Top 7 Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat 2023 beserta akun media sosialnya:

1. Pinilih Wanoja : Rahayu Ratu Kaprowi (@rahayuratuk)
2. Pinilih Jajaka : Sandri Wiguna (@sandriwiguna)

3. Wakil 1 Wanoja : Desyfa Cahya Aina (@desyfain)
4. Wakil 1 Jajaka : Mohammad Wildan Alfazri (@wildan_fazrial25)

5. Wakil 2 Wanoja : Tika Puspita Sariningsih (@tikapsn)
6. Wakil 2 Jajaka : Muhamad Rifan (@rifanmuhamad_)

7. Wanoja Parigel : Mutia Oktaviany (@mutiavny_24)
8. Jajaka Parigel : Muhammad Zaenul Sidqi (@zaen_sidqi22)

9. Wanoja Mimitran : Diana Nurfadilla (@diananrf)
10. Jajaka Mimitran : Rafi Taufik (@rafi_taufik17)

11. Wanoja Gandes : Nabila Tri Utami (@nabilatriii)
12. Jajaka Kewes : Dindin Kodar (@dindinkdr5_)

13. Wanoja Kameumeut : Aufi Fadlillah Putri Wijaya (@fadlillahaufi)
14. Jajaka Kameumeut : Guntur Rizqihandaru Utama (@tuys_22)

Tombol Google News

Tags:

Rahayu Ratu Kaprowi Pinilih Wanoja Budaya Jawa Barat 2023 Cantik mahasiswi generasi muda