PT Wanatiara Persada Beri Penguatan Nilai Ekonomi di Kampus Unkhair Ternate

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Marno

25 Agustus 2023 16:31 25 Agt 2023 16:31

Thumbnail PT Wanatiara Persada Beri Penguatan Nilai Ekonomi di Kampus Unkhair Ternate Watermark Ketik
Advisor PT. Wanatiara Persada, I Gede Wayan Suntamaya Saat Di Jamu Rektor Unkhair Ternate M. Ridha Ajam. (Foto: Moch. Saifulllah/Ketik.co.id)

KETIK, MALUKU UTARA – PT Wanatiara Persada dan PT Rimba Kurnia Alam (RKA) secara resmi melakukan penandatanganan berita acara sekaligus serah terima hibah gedung Rumah Produksi dan Mesin Pengisi botol air mineral ke Universitas Khairun (Unkhair) Ternate pada Senin, (21/08/2023) di kampus II Unkhair Kelurahan Gambesi Kota Ternate Selatan.

Selain penandatanganan dan serah terima, acara ini dirangkaikan dengan pemotongan pita oleh Advisor PT. Wanatiara Persada, I Gede Wayan Suntamayan di dampingi Rektor Unkhair, M. Ridha Ajam dan di saksikan Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik, Hasan Hamid, Warek II Bidang Umum, Kepegawaian, serta bagian Keuangan, Abdullah W Jabid.

Turut hadir Warek III Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni, Abdul Kadir Kamaluddin, Ketua Satuan Pengawasan Internal (SPI), Irfan Zam Zam, Kepala Biro Umum Kepegawaian dan Keuangan (BUKK) M. Tahir Abd Kadir, disertai Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Nurdewi Riska, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEK) Muhsin N Bailussy dan Dekan Fakultas Teknik Enda Harisun.

Dalam sambutannya, Rektor Unkhair Ternate, M. Ridha Ajam, mengisahkan bantuan berupa bangunan serta komponen lainnya itu berawal dari pertemuan dirinya dengan Direktur PT. Wanatiara Persada, Suherman.

Dalam suatu kesempatan itu, ia menyampaikan maksud dari pertemuan tersebut agar Unkhair Ternate dapat diberi bantuan fisik berupa pembangunan rumah produksi lengkap dengan mesin pengolahan. 

“Alhamdulillah hal itu direspons cepat oleh Pak Suherman, bahkan langsung menganggarkan Rp 1 miliar untuk pembangunan rumah produksi lengkap dengan mesin pengolahannya," tuturnya. 

Selanjutnya, kata Ridha, bantuan ini akan dikelola langsung oleh Badan Pengelola Usaha (BPU). Sebab semua bisnis ditangani sendiri, mengingat Unkhair  berstatus Badan Layanan Umum (BLU). 

Selain itu, kerja sama ini tak sebatas rumah produksi saja, ia berharap agar kemitraan ini dapat berlanjut ke bisnis pangan. Karena menurut dia Unkhair Ternate tengah merencanakan produksi ayam potong sebanyak 8.000 ekor. Pproyeksi ini otomatis dapat memenuhi permintaan daging ayam selama 1 bulan di perusahaan Wanatiara Persada. 

"Jika permintaannya per minggu, maka kita bisa layani. Sebab produksinya hanya selama 2 bulan. Artinya jika kapasitas 5.000 ekor selama 2 bulan bisa dilakukan panen beberapa kali, dan selanjutnya akan disuplay ke Wanatiara," kata Ridha. 

Ridha juga mengakui, di berbagai pertemuan dengan koleganya, dia sering menceritakan bahwa Wanatiara Persada meskipun sebuah perusahaan kecil, namun berani berbagi untuk negeri. Padahal di Maluku Utara ada perusahaan yang skalanya lebih besar, 

"Atas nama Rektor dan Civitas akademika Unkhair Ternate menyampaikan banyak terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Perusahaan Wanatiara atas kepedulian terhadap kami. Bantuan ini sudah tentu akan mensuport penganggaran untuk Unkhair ke depannya, " jelasnya

Foto I Gede Wayan Suntamaya saat memberi sambutan. (Foto Moch. Saifulllah)I Gede Wayan Suntamaya saat memberi sambutan. (Foto Moch. Saifulllah).

Sementara itu, Advisor PT. Wanatiara Persada, I Gede Wayan Suntamaya, mengatakan pembangunan gedung ini merupakan hasil kerja sama Wanatiara Persada dengan Unkhair Ternate, dan tindaklanjut dari MoU pada 23 Februari tahun 2023. 

"Ada beberapa kerja sama yang dilaksanakan Wanatiara Persada, selanjutnya kita kerja sama dengan Fakultas Pertanian Prodi Perikanan, kerja sama ini dalam rangka membuat Base Praktis Reklamasi, dan semoga berlanjut di bidang lainnya," Kata Wayan.

Selain itu, Wayan mengatakan kerja sama ini  merupakan Visi dan Misi dari Tridharma Perguruan Tinggi dengan PT. Wanatiara Persada, dimana perusahaan memiliki kewajiban, tanggungjawab sosial, dan lingkungan sebagaimana program Corporate Social Responsibility (CSR). 

Menurut Wayan, sebuah perusahaan punya tanggungjawab lingkungan di sekitarnya. Pertimbangan itulah, pihaknya melaksanakan kerja sama diberbagai bidang dengan Unkhair. 

"Besar harapan, semoga Gedung Rumah Produksi ini dapat bermanfaat bagi Civitas Akademika Universitas Khairun, terus di rawat, dan kerjasama ini menjadi berkah dari Tuhan Yang Maha Esa," kata Wayan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pt Wanatiara Persada Hibah Rumah Produksi dan Mesin Pengolahan Botol Air Mineral