PT Wanatiara Melaju untuk Indonesia Maju dalam HUT Ke-78 RI

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Naufal Ardiansyah

7 Agustus 2023 14:31 7 Agt 2023 14:31

Thumbnail PT Wanatiara Melaju untuk Indonesia Maju dalam HUT Ke-78 RI Watermark Ketik
Salah satu tarian perang Khas Maluku Utara (Soya-soya) yang ditampilkan dalam acara. (Foto Moch. Saifullah/Ketik.co.id)

KETIK, MALUKU UTARA – Suasana meriah menyelimuti perayaan sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di PT Wanatiara Persada site Haul Sagu Obi, Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara pada Sabtu (5/8/2023) beberapa hari lalu.

Sanggar UHUD, yang merupakan salah satu binaan PT Wanatiara Persada (PT WP) berhasil mencuri perhatian dengan tarian-tarian khas Maluku Utara yang memukau.

Tidak kurang dari lima jenis tarian menghiasi living area sebagai lokasi perayaan tersebut. Di antaranya, tarian Soya-soya, Cakalele, Dana-dana, Ngongano, dan tarian Kapita menjadi gemerlap yang dipersembahkan oleh 20 talenta berbakat. 

Menariknya, semua penampil tersebut merupakan siswa dari Madrasah Aliyah (MA) Almaarif dan MTs. Ar-Rahman Jikotamo Obi.

Kata UHUD sendiri adalah Jabal Uhud yg terdapat di kota Madinah. Olehnya itu sanggar tari UHUD ini terdapat banyak tarian yang diajarkan untuk anak-anak nuansa agama dan kearifan Lokal.

Foto Para petinggi Pt Wanatiara Persada dalam acara menyambut HUT RI ke-78 di Pelataran Living area Site Haul Sagu (Foto Moch, Saifulllah/Ketik.co.id)Para petinggi Pt Wanatiara Persada dalam acara menyambut HUT RI ke-78 di Pelataran Living area Site Haul Sagu (Foto Moch, Saifulllah/Ketik.co.id)

Kepala MTs Ar-Rahman, Rauf La Suhu, saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa Sanggar UHUD resmi berdiri sejak Januari 2023, meskipun telah berkiprah sejak tahun 2010. 

Baru pada tahun 2023, Kolaborasi dengan PT Wanatiara Persada menjadi kunci keberhasilan, atas kerjasama ini Perusahaan melalui CSR turut membuktikan keseriusan dalam ikut melestarikan seni tari sebagai bagian dari warisan budaya khususnya di pulau Obi.

“Melalui kerja sama ini, kita berupaya menjaga agar keindahan seni tari tetap abadi di tengah pesatnya kemajuan teknologi,” ujar Rauf dengan semangat.

Intensitas latihan yang tinggi, menurut Rauf adalah kunci dari prestasi gemilang Sanggar UHUD. Setiap akhir pekan, para anggota aktif berlatih dengan sungguh-sungguh. 

"Bukti dari kualitas mereka (talent) terletak pada permintaan tampil mendadak yang kerap menghampiri sanggar," kata Rauf.

Bukan rahasia lagi, sambung dia, prestasi sanggar UHUD telah melampaui batas pulau Obi dan melanglang buana ke berbagai panggung.

Diketahui, perayaan sambut HUT RI kali ini mengusung tema 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju' Dibuka oleh manajer HRD, Abdul Gani mewakili pimpinan perusahaan, 

Ikmal Baharudin, Ketua panitia perayaan, menyebutkan bahwa antusiasme dari seluruh karyawan dan karyawati sungguh menawan. 

"Kegembiraan tersebut semakin terpancar melalui sebelas mata lomba yang turut menghiasi acara ini," kata Ikmal, Kamis, (10/8)

Bukan hanya sekadar hiburan semata, sambung Ikmal, momen ini juga dirangkai dengan nilai kebersamaan di lingkungan perusahaan. Kehadiran sanggar binaan perusahaan menjadi bukti nyata komitmen PT Wanatiara Persada dalam menjalin ikatan yang erat dengan komunitas sekitar.

Sementara itu, Manajer CSR PT Wanatiara Persada, Sandri Sanangka, menjelaskan bahwa perayaan HUT RI ke-78 ini tak hanya menjadi panggung seni semata. 

Lebih dari itu, kata Sandri, acara ini menjadi wadah untuk memupuk semangat persatuan di antara para pegawai. Tidak hanya itu, persembahan apik dari Sanggar UHUD pun turut menjadi sorotan utama.

"Sanggar UHUD telah mempersembahkan penampilan luar biasa yang berhasil mengundang decak kagum. Momen ini menjadi kesempatan emas untuk mengangkat budaya lokal ke level yang lebih tinggi, bahkan hingga tingkat internasional," ungkap Sandri dengan penuh semangat.

Dengan suksesnya penampilan Sanggar UHUD dalam perayaan HUT RI ke-78 ini, harapan untuk terus melestarikan seni tari dan mempromosikan budaya lokal semakin terwujud. 

Semangat tulus para talenta muda Maluku Utara kian mengukuhkan bahwa melalui kolaborasi yang kuat, warisan budaya tetap dapat bersinar terang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pt Wanatiara Persada Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tarian adat Kearifan Lokal Maluku Utara HUT KE-78 RI