Presiden Jokowi Kagumi Model Bisnis Kopontren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung

Editor: Akhmad Sugriwa

6 Maret 2023 09:11 6 Mar 2023 09:11

Thumbnail Presiden Jokowi Kagumi Model Bisnis Kopontren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung Watermark Ketik
Presiden RI Joko Widodo didampingi Bupati Bandung Dadang Supriatna saat kunjungan kerja ke Kopontren Al-Ittifaq di Kec Rancabali Kab Bandung, Senin (6/3/2023). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG Presiden RI Joko Widodo mengaku kagum dengan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung yang telah berhasil menerapkan manajemen yang baik dalam bisnis pertanian.

Menurut Presiden hal ini patut menjadi contoh, terlebih Kopontren Al-Ittifaq memulai bisnisnya berangkat dari permintaan pasar, bukan berdasarkan produksi pertanian.

“Saya masuk ke area Al-Ittifaq ini betul-betul merasa sangat kagum dan kaget bahwa ada pondok pesantren yang memiliki manajemen yang baik dalam bisnis pertaniannya,” ucap Jokowi saat berdialog dengan para santri dan petani di Pontren Al-Ittifaq, Senin (6/3/2023).

Berangkat dari permintaan pasar tersebut, kata Jokowi, kemudian komoditas diproduksi di sekitar pontren. Manajemennya pun mengatur betul dan sangat terencana, sehingga permintaan pasar itu selalu ada.

Sehingga tidak akan sampai terjadi, ketika panen raya barang melimpah, permintaan berkurang, kemudian harganya jatuh. Tapi pada satu titik juga, kata Jokowi, masyarakat menjerit karena harga melambung karena barangnya tidak ada. Selalu berulang-ulang.

“Perencanaan sangat baik, dengan quality control yang baik, yang selalu dilakukan di Pontren Al Ittifaq ini bisa dijadikan contoh, bisa dijadikan role model atau model bisnis, yang tinggal difotokopi saja, ditiru saja,” ujar Presiden.

Ia berharap kemampuan produksi bisa dilakukan secara rutin dan continue dalam bisnis pertanian dan betul-betul dikelola sesuai dengan rencana bisnis.

Foto Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri KUKM Teten Masduki dan Bupati Bandung saat kunjungan kerja ke Kopontren Al-Ittifaq di Kec Rancabali Kab Bandung, Senin (6/3/2023). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri KUKM Teten Masduki dan Bupati Bandung saat kunjungan kerja ke Kopontren Al-Ittifaq di Kec Rancabali Kab Bandung, Senin (6/3/2023). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menambahkan, berkunjungnya Presiden ke Kopontren Al-Ittifaq karena memang presiden memprioritaskan pengembangan di sektor pangan.

“Karena meski pun kita ini dibilang negara pertanian, tanah kita subur, tapi kita ini masih banyak yang memang harus kita impor, seperti kacang kedelai,” ungkap Teten.

Tapi ada juga yang memang bisa dihasilkan dari dalam negeri seperti jagung, sayur-sayuran dan buah-buahan, kenyataannya tidak memanfaatkan potensi ekonomi dari pangan ini.

“Nah, Pak presiden ingin kita semua, tiap kementerian, menyiapkan model bisnis yang paling pas untuk sistem pertanian yang berbasis petani-petani kecil perorangan, yang menggarap lahan di bawah setengah hektar ya,” jelas Menteri KUKM.

Selain Menteri KUKM, turut mendampingi dalam kunjungan kerja Presiden RI antara lain Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.(*)

Tombol Google News

Tags:

Presiden RI Presiden Jokowi Jokowi model bisnis Kopontren Al-Ittifaq Bandung