Presiden Jokowi Bertolak ke Jepang Hadiri KTT G7

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

19 Mei 2023 06:26 19 Mei 2023 06:26

Thumbnail Presiden Jokowi Bertolak ke Jepang Hadiri KTT G7 Watermark Ketik
Presiden Jokowi menyampaikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (19/5/2023). (Foto: BPMI Setpres)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana akan menghadiri KTT G7 di Hiroshima , Jepang. Kepala negara dan rombongan terbatas berangkat dari Lanud Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

"Pagi hari ini saya bersama sama dengan ibu negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju ke hirosima di Jepang. Untuk menghadiri undangan dari perdana menteri Jepang sebagai presiden G7 dalam pertemuan di G7 outrage Summit yang akan berlangsung besok," jelas Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (19/5/2023).

Presiden menyebut, pertemuan G7 ini adalah pertemuan kepala negara anggota G7 dengan mitra-mitranya. "Dan yang akan dibahas adalah perubahan iklim, pangan, energi dan lain-lainnya," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, presiden menyebut Indonesia akan konsisten membawa suara kepentingan global south dan kolaborasi. Selain itu kemitraan yang setara secara konsisten akan diusung oleh Indonesia.

"Sudah saatnya suara dan kepentingan negara negara berkembang benar-benar didengarkan dunia," ucapnya. Di KTT G7, kepala kegara mengungkapkan juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara.

"Yaitu Jepang, Korea Selatan, Inggris, Perancis , Australia dan lain lainnya. Selain itu saya juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dan format bisnis forum," katanya.

"Jepang adalah mitra ekonomi penting bagi Indonesia. Mitra dagang terbesar kedua dan juga investor asing terbesar ke empat di dunia," ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi G7 Jepang Tokyo