Presiden Jokowi: Bangsa Indonesia Patut Bersyukur Memiliki Batik

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

2 Oktober 2023 04:54 2 Okt 2023 04:54

Thumbnail Presiden Jokowi: Bangsa Indonesia Patut Bersyukur Memiliki Batik Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara Istana Berbatik (1/10/2023). (Foto: Setkab.go.id)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk melestarikan seni budaya Indonesia. Salah satunya batik yang merupakan warisan budaya takbenda dan telah diakui oleh UNESCO.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka pagelaran Istana Berbatik di Istana Merdeka, Minggu (1/10/2023) malam. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang dirayakan pada 2 Oktober.

"Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa tetapi merupakan warisan budaya tak benda dunia," ungkap Jokowi dalam keterangannya.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, masyarakat Indonesia patut bangga dengan batik. Sehingga wajib untuk ikut mengembangkan warisan budaya takbenda yang ditetapkan UNESCO pada 2 Oktober tersebut.

"Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya," pinta Jokowi.

Sementara itu, Pagelaran Istana Berbatik yang digelar di Istana Merdeka mendapat sambutan positif dari sejumlah duta besar negara sahabat yang hadir. Mereka ikut menyemarakkan acara tersebut dengan mengenakan batik.

"Ini acara yang indah karena memamerkan keindahan dari batik dalam budaya dan nilai-nilai di Indonesia," ungkap Duta Besar Fiji untuk Indonesia, Amenatave V. Yauvoli.

Antusiasme yang sama disampaikan, Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Lilla Karsay. Dia senang karena bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan kebudayaan yang digelar di Istana Merdeka.

"Jadi selalu menyenangkan untuk menjadi bagian dari acara yang menarik ini bersama para anggota tertinggi parlemen dan pemerintah Indonesia," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Presiden Jokowi Joko Widodo Hari Batik Nasional Istana Berbatik