PMII Demo Minta Kapolres Situbondo Tindak Tegas Pelaku Tambang Ilegal

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Mustopa

20 Juni 2024 12:08 20 Jun 2024 12:08

Thumbnail PMII Demo Minta Kapolres Situbondo Tindak Tegas Pelaku Tambang Ilegal Watermark Ketik
Suasana Aksi Demo PMII Tuntut Kapolres Tindak Tegas Pelaku Tambang Ilegal, Kamis (20/06/2024) (Foto: Heru Hartanto/ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kabupaten Situbondo menggelar aksi demo. Mereka mempersoalkan dugaan tambang ilegal yang beroperasi di Kabupaten Situbondo, Kamis (20/06/2024).

Dalam aksinya, PMII Situbondo menuntut Polres Situbondo melakukan penegakan hukum agraria terkait dugaan tambang ilegal yang beroperasi dan merusak lingkungan hidup.

"Kehadiran kami ke sini untuk menyampaikan aspirasi secara damai terkait maraknya tambang ilegal yang tetap beroperasi," kata Lukman, Ketua Umum PMII Cabang Situbondo dalam orasinya.

Lukman juga meminta kepada Kapolres Situbondo dan jajarannya bertindak tegas dalam menangani kerusakan lingkungan hidup akibat tambang liar tersebut.

"Kami punya 64 data tambang. Hanya ada 13 tambang yang legal. Untuk itu, kami PMII Situbondo meminta kepada aparat penegak hukum, khususnya Polres Situbondo untuk menindak tegas mafia-mafia tambang ilegal tersebut," kata Lukman.

Menurut Lukman, jika para penambang liar dibiarkan merajarela dalam melakukan aktivitasnya, maka PMII Situbondo akan kembali turun jalan melakukan aksi yang lebih besar.

“Jika kesepakatan memberantas tambang ilegal kami dengan Kapolres Situbondo tidak ditindaklanjuti, maka PMII Situbondo akan kembali turun jalan," kata Lukman.

Lukman mengatakan, untuk sementara pihaknya puas karena telah mendapat dukungan dari Kapolres Situbondo untuk bersama-sama memberantas tambang ilegal di Kabupaten Situbondo. “Kapolres Situbondo sepakat untuk memberantas tambang ilegal, jadi kita puas dengan aksi ini,” pungkasnya.   

Sementara itu, Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rahmanto dalam keterangan persnya mengatakan,untuk menindaklanjuti aksi demo PMII Situbondo tentang hukum agraria, pihaknya harus duduk bersama dengan pihak-pihak terkait untuk melihat dan menertibkan tambang-tambang diduga ilegal.

“Jika memang ada dugaan tambang-tambang yang dianggap ilegal, maka kami bersama pihak-pihak terkait akan melakukan penyelidikan, dan jika dalam penyelidikan ada tindakan pidana, maka status dari penyelidikan tersebut akan kita naikkan,” jelas Kapolres Situbondo.

AKPB Dwi juga sependapat dengan PMII Situbondo yang menyuarakan tentang kerusakan lingkungan hidup akibat tambang-tambang yang diduga ilegal.

“Jadi persoalan ini bukan hanya ditangani pihak kepolisian saja, tapi pihak-pihak terkait juga akan terlibat dalam penyelidikan dugaan tambang ilegal yang mengakibatkan lingkungan hidup rusak,” pungkas Kapolres Situbondo (*)   

Tombol Google News

Tags:

Demo PMII minta Kapolres situbondo Tindak Tegas pelaku Tambang Ilegel Situbondo Hari Ini Situbondo Berita