PKB dan PKS Dikabarkan akan Bersatu di Pilkada Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

10 Juni 2024 07:06 10 Jun 2024 07:06

Thumbnail PKB dan PKS Dikabarkan akan Bersatu di Pilkada Kota Batu Watermark Ketik
Ketua DPC PKB Kota Batu Nurochman (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Nama Ketua DPC PKB Kota Batu Nurochman masuk bursa Bakal Calon Wali (Bacawali) Kota Batu pada Pilkada 2024. Bahkan, berembus kabar bahwa Nurochman akan disandingkan dengan Ludi Tanarto, kader sekaligus anggota DPRD Kota Batu dari PKS.

Menanggapi kabar tersebut, Nurochman belum bisa berbicara banyak. Ia menyerahkan sepenuhnya siapa yang nanti mendapatkan rekomendasi ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

"Saya terserah partai, PKB tentu ada rekomendasi, mungkin Agustus nanti dan sebuah rekom ada siapa calon dan koalisinya," urainya, Senin (10/6/2024).

Nurochman secara pribadi berminat untuk maju di Pilkada 2024. Hal itu sebagai bentuk kontribusi untuk membangun Kota Batu lebih baik ke depannya.

Meski begitu, ia belum terdaftar dalam desk Pilkada PKB yang merupakan sistem penjaringan online yang sejak dibuka April 2024 lalu.

"Saya menunggu perintah DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Kami tetap akan berkoalisi dengan partai lain untuk berkontribusi maksimal sesuai harapan," jelasnya.

Menurutnya, penunjukkan calon dalam Pilkada merupakan otoritas DPP PKB di Jakarta. Kader di daerah hanya sebatas memberikan rekomendasi atau usulan. 

"PKB membuka pendaftaran melalui online hingga jika ada keseriusan dipersilakan menyampaikan ke desk pilkada di DPC Partai," tambahnya.

Untuk diketahui, PKB dipastikan memperoleh 6 kursi di DPRD Kota Batu. Sehingga, PKB sudah bisa mengusung calon sendiri untuk maju di Pilkada. 

Sementara, PKS mendapatkan 5 kursi di DPRD Kota Batu yang masih membutuhkan koalisi untuk mengusung calon sendiri. 

Sedangkan, Ludi Tanarto merupakan anggota DPRD Kota Batu periode 2019 2024 dari PKS. Pada pemilu 2024, ia kembali terpilih menjadi Dewan karena memenangkan suara di Dapil 4 Kecamatan Junrejo, Kota Batu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu pkb PKS Pilkada 2024 Bacawali Koalisi Nurochman Ludi Tanarto