Pj Wali Kota Batu Optimistis Olahraga Gateball akan Cepat Berkembang

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

12 Januari 2024 13:52 12 Jan 2024 13:52

Thumbnail Pj Wali Kota Batu Optimistis Olahraga Gateball akan Cepat Berkembang Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu memberikan selamat kepada Pengurus Pergatsi Kota Batu masa bhakti 2024 - 2028 di Balai Kota Among Tani, Jumat (12/1/2024). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai optimistis Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) akan cepat berkembang di Kota Wisata Batu. Meskipun Gateball masih belum terlalu familiar karena termasuk olahraga baru.

Oleh karena itu, Aries menegaskan, pihaknya akan mensosialisasikan olahraga tersebut ke sekolah-sekolah.

"Meskipun saya juga baru tahu hari ini bahwa ada olahraga seperti golf namun dengan lapangan yang lebih kecil dengan peraturan yang berbeda, terlihat asik dan menyenangkan. Kami akan sosialisasikan di sekolah-sekolah agar mencoba permainan ini," kata Aries dalam sambutan pengukuhan Pengurus Pergatsi Kota Batu, masa bhakti 2024 - 2028 di Balai Kota Among Tani, Jumat (12/1/2024).

Pergatsi Kota Batu masa bhakti 2024 - 2028 yang dipimpin oleh Suprayitno secara resmi telah dikukuhkan oleh Ketua Umum Pergatsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi.

Aries berpesan kepada pengurus agar segera menyusun program-program yang strategis. Ia juga menantang pengurus agar segera membuat perlombaan Pergatsi Wali Kota Cup.

"Saya apresiasi kepengurusan yang baru sekaligus saya tantang untuk segera bisa membuat Wali Kota Cup dan segera menyusun program strategis utamanya untuk pengembangan olahraga Gateball di Kota Wisata Batu," ulasnya.

Pergatsi Kota Batu resmi menjadi anggota baru KONI Kota Batu dalam Rapat Kerja KONI Kota Batu tahun 2023 Sabtu (23/12/2023) lalu. 

Ketua Pergatsi Kota Batu, Suprayitno mengatakan bahwa kepengurusan Pergatsi Kota Batu mulai ada tanggal 15 Desember 2023. Hal itu setelah pihaknya mendapatkan SK dari Pergatsi Provinsi Jatim untuk mengembangkan Gateball di Kota Batu. 

“Olahraga ini menggunakan tongkat seperti golf, bolanya menggunakan bola seperti Billiar dan strategi permainannya mirip seperti strategi dalam permainan catur,” ujarnya.

Suprayitno menegaskan, setelah resmi menjadi anggota Koni Kota Batu, Pergatsi akan tancap gas mensosialisasikan Gateball ke semua tingkatan sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA atau SMK. Pihaknya juga akan melatih guru olahraga agar memahami peraturan dan permainan Gateball.

"Saat Porprov Jatim 2023 di Mojokerto, Gateball kategori SD belum dipertandingkan. Namun, dalam Porprov Jatim 2025 Gateball untuk SD kemungkinan akan dipertandingkan. Kami optimis Cabor ini akan menyumbangkan medali dalam Porprov Jatim 2025," terangnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pergatsi Gateball