Pesta Demokrasi Makin Dekat, KPU Kabupaten Pacitan Mulai Siapkan Logistik Pemilu 2024

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

20 Oktober 2023 02:15 20 Okt 2023 02:15

Thumbnail Pesta Demokrasi Makin Dekat, KPU Kabupaten Pacitan Mulai Siapkan Logistik Pemilu 2024 Watermark Ketik
Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Sulistyo Rini. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan telah mempersiapkan logistik Pemilu 2024. Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Sulistyo Rini, mengatakan persiapan logistik telah dimulai sejak dua bulan lalu, tepatnya pada Agustus 2023.

"Persiapan logistik ini dimulai dengan rapat koordinasi dan bimbingan teknis dari KPU RI dan KPU Provinsi Jawa Timur," katanya, saat dikonfirmasi, Kamis (19/10/2023).

Selain itu, KPU Kabupaten Pacitan juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti aparat keamanan dan pemerintah daerah. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran distribusi logistik.

"Distribusi logistik tidak bisa dilakukan sendiri oleh KPU RI, karena juga harus bekerja sama dengan lembaga lain, seperti BPBD, PUPR atau Dinas Bina Marga dan lain lain," imbuhnya.

Untuk tempat penyimpanan logistik, KPU Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan Bulog. Hal ini dikarenakan gudang Bulog memiliki persyaratan yang sesuai dengan peraturan, seperti lokasi yang mudah dijangkau, keamanan yang terjamin, dan bebas dari hama.

Namun, untuk KPU Kabupaten Pacitan saat ini masih menggunakan penyimpanan sementara di Sekretariat Kantor KPU Pacitan.

"Sudah melakukan kerja sama dan dikonsolidasi oleh KPU Provinsi Jawa Timur untuk pengadaan jasa penyimpanan ini. Nanti Gudang Bulog Pacitan akan disewa selama 20 bulan," jelasnya.

Hingga saat ini, KPU Kabupaten Pacitan telah menyelesaikan pengadaan kotak suara dan bilik suara. Logistik tersebut akan segera didistribusikan ke KPU Kabupaten Pacitan dalam waktu dekat.

"Mungkin dalam waktu dekat satu minggu ini paling sudah datang," tutupnya.

Sebagai informasi, KPU Kabupaten Pacitan memiliki 1.857 TPS yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan. Total pemilih di Kabupaten Pacitan mencapai 472.780 orang.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Pacitan Logistik pemilu 2024 pemilu2024 Pileg2024